ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT NASIONAL DIPONEGORO

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyebutkan salah satu persyaratan Pendidikan Kedokteran adalah tersedianya Rumah Sakit Utama Pendidikan. Universitas Diponegoro (Undip) merupakan salah satu universitas yang memiliki pendidikan kedokteran, sehingga Undip harus menyediakan rumah sakit utama pend...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AZZAHRA, FATHIA (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015.
Subjects:
Online Access:http://eprints.undip.ac.id/47033/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02351 am a22001693u 4500
001 repository_undip_47033_
042 |a dc 
100 1 0 |a AZZAHRA, FATHIA  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT NASIONAL DIPONEGORO  
260 |c 2015. 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/47033/1/5314.pdf 
520 |a Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyebutkan salah satu persyaratan Pendidikan Kedokteran adalah tersedianya Rumah Sakit Utama Pendidikan. Universitas Diponegoro (Undip) merupakan salah satu universitas yang memiliki pendidikan kedokteran, sehingga Undip harus menyediakan rumah sakit utama pendidikan sebagai syarat berjalannya pendidikan kedokteran. Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) merupakan rumah sakit pemerintah dan juga rumah sakit pendidikan milik Undip. Hasil studi pendahuluan menunjukkan, selama 7 bulan berjalan angka kunjungan RSND tidak memenuhi target kunjungan. Kunjungan Rawat Jalan masih didominasi oleh karyawan Rumah Sakit dan belum banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan di RSND melalui persepsi tentang bauran pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.Sampel adalah 100 orang masyarakat yang terdiri dari civitas akademika Undip dan masyarakat sekitar.Analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan uji chi square.Hasil penelitian menunjukkan 55 responden (55%) menyatakan tidak berminat dan 45 responden (45%) menyatakan berminat. Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa adahubunganantara persepsi tentang lokasi (p=0,003), persepsi tentang promosi (p=0,013)dan persepsi tentang pelayanan (p=0,009) dengan minat pemanfaatan pelayanan kesehatan RSND. Sedangkan faktor yang tidak berhubungan adalah persepsi tentang harga (p=0,086). Disarankan kepada RSND untuk meningkatkan fungsi bagian pemasaran rumah sakit dan meggiatkan promosi tentang pelayanan yang tersedia terutama kepada civitas akademika Undip. Kata Kunci: Persepsi, Bauran Pemasaran, Minat Pemanfaatan, Rumah Sakit Pendidikan 
690 |a RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://eprints.undip.ac.id/47033/ 
856 4 1 |u http://eprints.undip.ac.id/47033/