STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN ONKOLOGI RSUD TUGUREJO SEMARANG

Pelayanan Onkologi merupakan pelayanan baru yang didirikan RSUD Tugurejo, pembukaan pelayanan tersebut didasarkan pada peningkatan permintaan pelayanan kesehatan kanker dan fasilitias pelayanan Onkologi yang sudah ada di Jawa Tengah belum mencukupi. Oleh karenanya diperlukan strategi pemasaran untuk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: QONITA, ANNISA AYU (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015.
Subjects:
Online Access:http://eprints.undip.ac.id/47039/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02522 am a22001693u 4500
001 repository_undip_47039_
042 |a dc 
100 1 0 |a QONITA, ANNISA AYU   |e author 
245 0 0 |a STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN ONKOLOGI RSUD TUGUREJO SEMARANG  
260 |c 2015. 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/47039/1/5344.pdf 
520 |a Pelayanan Onkologi merupakan pelayanan baru yang didirikan RSUD Tugurejo, pembukaan pelayanan tersebut didasarkan pada peningkatan permintaan pelayanan kesehatan kanker dan fasilitias pelayanan Onkologi yang sudah ada di Jawa Tengah belum mencukupi. Oleh karenanya diperlukan strategi pemasaran untuk menjaring konsumen, mempertahankan eksistensi kebutuhan pasien maupun menghadapi pesaing. Selain itu perlu adanya segmentasi, target dan positioning pelayanan Onkologi untuk pengembangan strategi pemasaran.Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis strategi pemasaran pelayanan onkologi RSUD Tujurejo Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari pegawai RSUD Tugurejo yang berhubungan dengan pelayanan Onkologi sebanyak 6 orang. Dari hasil penelitian diketahui posisi pelayanan Onkologi berada pada kuadran 1 yang bersifat agresif. Dengan mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki antara lain mempunyai pelayanan kemoterapi, tarif yang terjangkau, tenaga kerja yang berkualiatas, peralatan terbaru dan karyawan yang berdedikasi, serta pengoptimalan peluang antara lain belum ada mekanisme pemantauan dan pengukuran kepuasan pasien, kurangnya fasilitas ruang tunggu, jumlah tenaga kerja bagian kemoterapi masih kurang, belum lengkapnya produk pelayanan onkologi, belum optimalnya promosi pelayanan Onkologi dan kurang luasnya ruang kemoterapi.Dari penelitian ini disimpulkan bahwa segmen pelayanan Onkologi RSUD Tugurejo adalah pasien perempuan pelayanan Onkologi yang berada di daerah Kota Semarang dan sekitarnya. Target utama adalah penduduk perempuan usia subur 20-45 tahun. Posisi pelayanan Onkologi RSUD Tugurejo masih belum lengkap dibandingkan rumah sakit lain merupakan pelayanan yang berada di rumah sakit rujukan bertipe B di atas rumah sakit kota dan rumah sakit rujukan regional barat Provinsi Jawa Tengah untuk BPJS. Kata Kunci: . Kata Kunci : Pelayanan Onkologi, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, STP 
690 |a RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://eprints.undip.ac.id/47039/ 
856 4 1 |u http://eprints.undip.ac.id/47039/