ALIH TUTUR PADA PERCAKAPAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI STIKES ST. ELISABETH SEMARANG

Penelitian ini membahas berbagai alih tutur yang muncul dalam percakapan proses belajar mengajar di Stikes St. Elisabeth Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan alih tutur (turn-taking), pasangan tuturan berdampingan (adjacency pair) dan pergantian topik (topic changes). Metode peneliti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Priyastuti , Maria Theresia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2013.
Subjects:
Online Access:http://mli.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/48241/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01864 am a22001933u 4500
001 repository_undip_48241_
042 |a dc 
100 1 0 |a Priyastuti , Maria Theresia  |e author 
245 0 0 |a ALIH TUTUR PADA PERCAKAPAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI STIKES ST. ELISABETH SEMARANG 
260 |c 2013. 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/48241/8/Tesis_-_Maria_Theresia_Priyastuti.pdf 
520 |a Penelitian ini membahas berbagai alih tutur yang muncul dalam percakapan proses belajar mengajar di Stikes St. Elisabeth Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan alih tutur (turn-taking), pasangan tuturan berdampingan (adjacency pair) dan pergantian topik (topic changes). Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, metode kuantitatif dan metode padan. Data penelitian ini berupa dua percakapan proses belajar mengajar yang berlangsung di Stikes St. Elisabeth Semarang. Data penelitian dianalisis peneliti dengan menggunakan teori-teori seperti analisis percakapan yang dikemukakan oleh Sacks, Schegloff dan Jefferson (SSJ) dan kesopanan Brown dan Levinson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih tutur yang paling banyak ditemukan oleh peneliti dalam proses belajar mengajar di Stikes St. Elisabeth Semarang adalah pertama, konstruksi leksikal, aturan alokasi giliran bicara melalui seleksi mandiri, dan strategi menguasai giliran dengan menggunakan sinyal filled pause, verbal filler dan silent pause. Kedua, dalam pasangan tuturan berdampingan, bentuk pertanyaan yang diikuti dengan jawaban. Ketiga, strategi mengubah topik, dan tempat pergantian topik setelah sinyal diam atau jeda. 
690 |a P Philology. Linguistics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://mli.undip.ac.id 
787 0 |n http://eprints.undip.ac.id/48241/ 
856 4 1 |u http://mli.undip.ac.id 
856 4 1 |u http://eprints.undip.ac.id/48241/