SMA NASIONAL PLUS DI SEMARANG

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dirasakan bahwa sistem pendidikan nasional yang ada di Indonesia selama ini sudah tidak mampu lagi mengakomodir perkembangan kurikulum dan dan managemen pembelajaran mutakhir. Ini disebabkan karena sistem pendidikan nasio...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: CYNTHIA, PUSPA NORA MARITA (Author), Bharoto, Bharoto (Author), Edi , Indarto (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016.
Subjects:
Online Access:http://eprints.undip.ac.id/50823/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dirasakan bahwa sistem pendidikan nasional yang ada di Indonesia selama ini sudah tidak mampu lagi mengakomodir perkembangan kurikulum dan dan managemen pembelajaran mutakhir. Ini disebabkan karena sistem pendidikan nasional Indonesia terjebak pada hal-hal yang bersifat administrative-oriented, kaku, yang tidak mendorong dan memberi peluang kepada sekolah untuk melakukan inovasi dan kreativitas. Menyadari kondisi sekolah yang demikian, maka munculah beragam kritikan dari kalangan masyarakat peduli pendidikan sebagi ekspresi keprihatinan dan ketidakpuasan. Tidak hanya mengkritik, mereka juga mencari model sistem manajemen sekolah yang dapat mengelola kurikulum dan sistem pendidikan nasional yang tidak saja berbasis sekolah dan masyarakat tetapi juga memenuhi standar nasional. Ditinjau dari lingkup regional Jawa Tengah, Kota Semarang didasari dan didominasi oleh 3 kegiatan utama, yaitu sebagai pusat pemerintahan Jawa Tengah, sebagai kota perdagangan utama Jawa Tengah dan sebagai kota transit dalam lingkup regional, nasional dan internasional. Sebagai ibukota propinsi Jawa Tengah dengan tingkat mobilitas yang tinggi menjadi tempat yang strategis bagi generasi muda yang membutuhkan sosialisasi akan perkembangan lingkungan yang dinamis. Berdasarkan RTRW Propinsi Jawa Tengah, Semarang tergolong dalam orde pengembangan 1, sehingga pertumbuhan ekonomi di Semarang menjadi prioritas utama di banding daerah lain. Kondisi ini diharapkan dapat menjadi pemacu perkembangan sekolah dan anak didik. Dengan adanya SMA Nasional Plus di Semarang, dapat menciptakan sekolah menengah atas unggulan yang modern dan berkualitas. Sistem pembelajaran yang digunakan memadukan antara kurikulum nasional dan internasional, serta siswa didukung dengan segala fasilitas dan kelengkapannya untuk belajar dengan baik untuk menambah ilmu pengetahuan dan menambah keterampilan mereka. Dengan penerapan sistem pembelajaran yang modern, aktif, efektif, implementatif dan menghibur diharapkan dapat menciptakan siswa-siswa yang bermutu yang dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat bersaing di dunia nasional dan internasional.
Item Description:http://eprints.undip.ac.id/50823/1/CYNTHIA_PUSPA_NORA_M_21020112130067_JUDUL.pdf
http://eprints.undip.ac.id/50823/2/CYNTHIA_PUSPA_NORA_M_21020112130067_BAB_I.pdf
http://eprints.undip.ac.id/50823/3/CYNTHIA_PUSPA_NORA_M_21020112130067_BAB_II.pdf
http://eprints.undip.ac.id/50823/4/CYNTHIA_PUSPA_NORA_M_21020112130067_BAB_III.pdf
http://eprints.undip.ac.id/50823/5/CYNTHIA_PUSPA_NORA_M_21020112130067_BAB_IV.pdf
http://eprints.undip.ac.id/50823/6/CYNTHIA_PUSPA_NORA_M_21020112130067_BAB_V.pdf
http://eprints.undip.ac.id/50823/7/CYNTHIA_PUSPA_NORA_M_21020112130067_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.undip.ac.id/50823/8/CYNTHIA_PUSPA_NORA_M_21020112130067_LAMPIRAN.pdf