ESTIMASI SEBARAN KEBISINGAN AKIBAT AKTIVITAS LANDING DAN TAKE-OFF PESAWAT SIPIL DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MATLAB DI SEKITAR BANDAR UDARA ADI SUMARMO BOYOLALI

Abstrak Tingkat kebisingan yang dihasilkan pesawat dari Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo dapat menyebabkan gangguan terhadap permukiman penduduk yang berada di sekitarnya. Pembuatan peta sebaran kebisingan penting dilakukan untuk mengidentifikasi permukiman yang terkena dampak kebisingan terse...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Setyanti, Diny (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-12-14.
Subjects:
Online Access:http://eprints.undip.ac.id/51755/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03543 am a22001693u 4500
001 repository_undip_51755_
042 |a dc 
100 1 0 |a Setyanti, Diny  |e author 
245 0 0 |a ESTIMASI SEBARAN KEBISINGAN AKIBAT AKTIVITAS LANDING DAN TAKE-OFF PESAWAT SIPIL DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MATLAB DI SEKITAR BANDAR UDARA ADI SUMARMO BOYOLALI 
260 |c 2016-12-14. 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/51755/1/DINY_SETYANTI_21080112130075_JURNAL.doc 
520 |a Abstrak Tingkat kebisingan yang dihasilkan pesawat dari Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo dapat menyebabkan gangguan terhadap permukiman penduduk yang berada di sekitarnya. Pembuatan peta sebaran kebisingan penting dilakukan untuk mengidentifikasi permukiman yang terkena dampak kebisingan tersebut. Peta kontur kebisingan dihasilkan dari model yang dibuat dengan menggunakan software Matlab. Pada penelitian ini indeks kebisingan yang digunakan yaitu WECPNL yang sesuai dengan PP No. 40 Tahun 2012. Dalam indeks kebisingan WECPNL, tingkat kebisingan diharuskan kurang dari 70 dB untuk kawasan sekolah, dan tidak lebih dari 75 dB untuk kawasan permukiman penduduk. Metode yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahap permodelan, tahap pemrograman, dan validasi model. Berdasarkan hasil simulasi kebisingan pesawat di Bandar Udara Adi Sumarmo, terdapat kawasan tingkat kebisingan dengan WECPNL > 80 dB seluas 4,13 km2 yang terdiri dari 1,16 km2 untuk kawasan permukiman dan terdapat 5 bangunan sekolah yang berada pada kawasan tersebut. Selain itu luas total kawasan tingkat kebisingan dengan WECPNL 75-80 dB sebesar 2,27 km2 yang terdiri dari kawasan permukiman seluas 1,912 km2 dan terdapat 5 bangunan sekolah. Pada kawasan tingkat kebisingan WECPNL 70-75 dB mencakup luas wilayah sebesar 6,4 km2 dimana pada kawasan tersebut terdapat 8 bangunan sekolah. Kata Kunci: Peta Kebisingan Pesawat, Permodelan, Matlab, Validasi, Permukiman, Bandara Adi Sumarmo Boyolali Abstract [Estimating Aircraft Noise Exposure From Landing and Take-Off Events Using Matlab Around Adi Sumarmo International Airport] The level of aircraft noise exposure around Adi Sumarmo International Airport can make disruption to residents living in close proximity to the airport. The creation of airport noise maps is urgently required to identify residential areas that affected in certain area. The aircraft noise contour is created by model using an Matlab Software. This study use LWECPN as the evaluation indicator for aircraft noise according to The Government Regulation No.40 of 2012. It is recommended that the noise level at cultural and educational areas should be less than 70 dB, whereas the level at other living areas should be no more than 75 dB. The method was used in this study consisted of several process: modeling steps, programming steps, and modelling validation. Based on the aircraft noise simulation of Adi Sumarmo Airport it was found that the regional coverage of area with LWECPN > 80 dB was 4,13 km2, including 1,16 km2 residents living and 5 educational buildings, LWECPN 75-80 dB was 2,27 km2 including 1,912 km2 residents living and 5 educational buildings, and LWECPN 70-75 dB was 6,4 km2 including 8 educational buildings. Keywords: Aircraft noise mapping, Modelling, Matlab, Validation, Residents, Adi Sumarmo International Airport 
690 |a TD Environmental technology. Sanitary engineering 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://eprints.undip.ac.id/51755/ 
856 4 1 |u http://eprints.undip.ac.id/51755/