GAMBARAN PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP SOSIAL UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN (STUDI TENTANG BEST PRACTICE PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DINI PADA TK MIFTAKHUL ULUM SURABYA)

Kecakapan hidup adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi permasalahan hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti permasalahan kejahatan dan kekerasan seksual pada anak u...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FAUZI, EKHA RIFKI (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2014.
Subjects:
Online Access:http://eprints.undip.ac.id/53473/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02548 am a22001693u 4500
001 repository_undip_53473_
042 |a dc 
100 1 0 |a FAUZI, EKHA RIFKI   |e author 
245 0 0 |a GAMBARAN PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP SOSIAL UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN (STUDI TENTANG BEST PRACTICE PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DINI PADA TK MIFTAKHUL ULUM SURABYA) 
260 |c 2014. 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/53473/1/4927.pdf 
520 |a Kecakapan hidup adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi permasalahan hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti permasalahan kejahatan dan kekerasan seksual pada anak usia dini yang perlu diminimalisir dengan program pendidikan kecakapan hidup sosial untuk anak usia 4-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan tentang best practice pendidikan kecakapan hidup sosial untuk anak usia 4-6 tahun oleh PKBI Daerah Jawa Timur pada TK Miftakhul Ulum Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari 3 orang dari unsur pengambil kebijakan di PKBI Daerah Jawa timur yaitu direktur pelaksana daerah, koordinator program,dan pelaksana program lapangan. Analisa data dilakukan dengan 4 tahapan : transkrip, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa gambaran pengelolaan program pendidikan kecakapan hidup sosial untuk anak usia 4-6 tahun di TK Miftakhul Ulum Surabaya sudah optimal. Hal ini dikarenakan perencanaan memiliki tujuan agar anak dapat melindungi diri dari kekerasan dan pelecehan seksual, untuk pengorganisasian ada pertemuan bina bunda bagi orang tua, serta penggerakan selalu mengangkat fakta dan kasus-kasus terbaru, dan pengawasan dilakukan monitoring dan evaluasi secara rutin yang berjalan baik oleh PKBI Daerah Jawa Timur serta telah di dukung oleh segenap yayasan, tokoh masyarakat, orang tua, dan guru. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan program kecakapan hidup sosial untuk anak usia 4-6 tahun berperan agar anak dapat menjaga diri dari dan dapat melakukan pembelaan diri dari bentuk kejahatan dan kekerasan seksual Kata Kunci: kecakapan hidup, bina bunda, pelecehan seksual 
690 |a RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://eprints.undip.ac.id/53473/ 
856 4 1 |u http://eprints.undip.ac.id/53473/