" Penerapan Manajemen Lalu Lintas Satu Arah pada Ruas Jalan Sultan Agung-Sisingamangaraja-Dr. Wahidin Kota Semarang untuk Pemerataan Sebaran Beban Lalu Lintas "

Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah dengan tingkat pertumbuhan dan mobilisasi penduduk yang tinggi. Hal ini menyebabkan pertumbuhan kendaraan di Kota Semarang yang terus meningkat yang berdampak pada penumpukan kendaraan di suatu ruas jalan tertentu, seperti pada ruas Jalan Dr. Wahidin d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Pramana, sari (Author), Nurul , Qomariyah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2013-11-24.
Subjects:
Online Access:http://eprints.undip.ac.id/60926/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02395 am a22001813u 4500
001 repository_undip_60926_
042 |a dc 
100 1 0 |a Pramana, sari  |e author 
700 1 0 |a Nurul , Qomariyah  |e author 
245 0 0 |a " Penerapan Manajemen Lalu Lintas Satu Arah pada Ruas Jalan Sultan Agung-Sisingamangaraja-Dr. Wahidin Kota Semarang untuk Pemerataan Sebaran Beban Lalu Lintas "  
260 |c 2013-11-24. 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/60926/1/Judul.txt 
520 |a Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah dengan tingkat pertumbuhan dan mobilisasi penduduk yang tinggi. Hal ini menyebabkan pertumbuhan kendaraan di Kota Semarang yang terus meningkat yang berdampak pada penumpukan kendaraan di suatu ruas jalan tertentu, seperti pada ruas Jalan Dr. Wahidin dan Jalan Sultan Agung. Hal ini menandakan bahwa pada ruas jalan terjadi kepadatan lalu lintas yang tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan di tahun mendatang peningkatan dapat terjadi kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja ruas jalan dan simpang serta mencari solusi penyebaran lalu lintas yang efisien dengan merencanakan dua skenario manajemen lalu lintas sistem satu arah. Penelitian ini didahului dengan melakukan kajian pustaka dan survei pendahuluan yang kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data melalui traffic counting, observasi, dan pengukuran terkait. Analisis kinerja ruas dan simpang pada kondisi eksisting dan skenario rencana menggunakan MKJI 1997. Dari hasil perbandingan kinerja antara kondisi eksisting dengan dua skenario yaitu skenario 1 (ruas Jl.Dr.Wahidin, Jl.Sisingamangaraja, dan Jl.Sultan Agung diberlakukan sistem satu arah) dan skenario 2 (ruas Jl.Dr.Wahidin, Jl.Sisingamangaraja, dan Jl.Sultan Agung diberlakukan sistem satu arah dengan contra flow pada ruas Jl. Dr.Wahidin dan Jl.Sultan Agung) didapatkan bahwa skenario terbaik adalah skenario 1. Skenario 1 dapat menjadikan nilai DS pada Jalan Sultan Agung menjadi menurun sebesar 0,21-0,33 dan Jalan Dr.Wahidin sebesar 0,33-0,48. Serta setelah dibandingkan dengan metode scoring, skenario 1 memperoleh skor tertinggi untuk ruas jalan dan simpang. Oleh karena itu, skenario 1 dapat direkomendasikan. 
690 |a TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://eprints.undip.ac.id/60926/ 
856 4 1 |u http://eprints.undip.ac.id/60926/