ANALISIS KETELITIAN TITIK KONTROL HORIZONTAL PADA STUDI DEFORMASI JEMBATAN PENGGARON MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK GAMIT 10.6

ABSTRAK Jembatan merupakan bangunan yang berfungsi sebagai penghubung kedua tepi yang berguna untuk menunjang berbagai kegiatan manusia. Suatu jembatan jika mendapatkan tekanan maka akan mengalami perubahan dimensi ataupun bentuk. Akibat gaya tekanan ini maka jembatan kemungkinan besar akan mengalam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sudarsono, Bambang (Author), Amarrahman, Fauzi Janu (Author), Awaluddin, Moehammad (Author), 21110112140021, NUR RIZAL ADHI NUGROHO (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-10.
Subjects:
Online Access:http://eprints.undip.ac.id/63466/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02991 am a22002893u 4500
001 repository_undip_63466_
042 |a dc 
100 1 0 |a Sudarsono, Bambang   |e author 
700 1 0 |a Amarrahman, Fauzi Janu  |e author 
700 1 0 |a Awaluddin, Moehammad  |e author 
700 1 0 |a 21110112140021, NUR RIZAL ADHI NUGROHO  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS KETELITIAN TITIK KONTROL HORIZONTAL PADA STUDI DEFORMASI JEMBATAN PENGGARON MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK GAMIT 10.6 
260 |c 2018-08-10. 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/63466/1/NUR_RIZAL_ADHI_NUGROHO_21110112140021_JUDUL.pdf 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/63466/2/NUR_RIZAL_ADHI_NUGROHO_21110112140021_BAB_I.pdf 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/63466/3/NUR_RIZAL_ADHI_NUGROHO_21110112140021_BAB_II.pdf 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/63466/4/NUR_RIZAL_ADHI_NUGROHO_21110112140021_BAB_III.pdf 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/63466/5/NUR_RIZAL_ADHI_NUGROHO_21110112140021_BAB_IV.pdf 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/63466/6/NUR_RIZAL_ADHI_NUGROHO_21110112140021_BAB_V.pdf 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/63466/7/NUR_RIZAL_ADHI_NUGROHO_21110112140021_Daftar_Pustaka.pdf 
500 |a http://eprints.undip.ac.id/63466/8/NUR_RIZAL_ADHI_NUGROHO_21110112140021_LAMPIRAN.pdf 
520 |a ABSTRAK Jembatan merupakan bangunan yang berfungsi sebagai penghubung kedua tepi yang berguna untuk menunjang berbagai kegiatan manusia. Suatu jembatan jika mendapatkan tekanan maka akan mengalami perubahan dimensi ataupun bentuk. Akibat gaya tekanan ini maka jembatan kemungkinan besar akan mengalami deformasi. Deformasi dapat diartikan sebagai perubahan kedudukan atau pergerakan suatu titik pada suatu benda atau bangunan secara absolut maupun relatif. Berkaitan dengan deformasi pada jembatan tersebut, maka pada penelitian tugas akhir ini dilakukan pengamatan pada jembatan dengan menggunakan GPS Geodetik dengan metode statik yang akan menganalisis pergeseran titik kontrol yang dipasang di sekitar jembatan menggunakan titik ikat IGS dan CORS. Pengamatan dengan metode ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pergeserannya dan menganalisis ketelitian titik ikat IGS dan CORS. Pada hasil pengolahannya dan telah dilakukan uji statistik titik kontrol mengalami pergeseran pada periode juli 2015-April, Mei, Juni 2016 terbesar N : 0.0450 m, E : 0.1433 m, U : 0.1243 m dan terkecil N : 0.0016 m, E : 0.0084 m, U : 0.0005 m. Serta pada periode April - Agustus 2016 terbesar N : 0.0927 m, E : 0.1290 m, U : 0.0621 m dan terkecil N : 0.0079 m, E : 0.0005 m, U : 0.0014 m. Dari simpangan baku menunjukan bahwa pengolahan menggunakan titik ikat IGS lebih teliti dalam menghasilkan koordinat apabila dibandingkan dengan CORS saat melakukan pengolahan. Kata Kunci : GPS, CORS, Deformasi, Jembatan, GAMIT 10.6 
690 |a GC Oceanography 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://eprints.undip.ac.id/63466/ 
856 4 1 |u http://eprints.undip.ac.id/63466/