PERISTIWA KOMUNIKASI DALAM KESENIAN SINTREN DI KABUPATEN PEKALONGAN (KAJIAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan urutan pertalian komponen komunikasi, wujud pesan dan tindakan komunikatif dalam kesenian sintren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dalam studi etnografi komunikasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Arifiani, Evi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2020.
Subjects:
Online Access:http://eprints.undip.ac.id/81023/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan urutan pertalian komponen komunikasi, wujud pesan dan tindakan komunikatif dalam kesenian sintren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dalam studi etnografi komunikasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode etnografi. Data penelitian berupa semua tuturan yang terlibat dalam kesenian sintren. Sumber data penelitian ini adalah semua pemain yang terlibat dalam kesenian sintren dari kelompok sintren Bahurekso di Pekalongan.Temuan penelitian bahwa kesenian sintren memiliki sistem komunikasi lokal yang terjalin dalam urutan komponen-komponen komunikasi dengan akronim GEPNIKAS yaitu Genre, Ends, Participants, Norma, Instrumentalities,Key, Act sequences,dan Setting. Wujud pesan dalam kesenian sintren terbagi menjadi tiga jenis berupa mantra, parikan dan lirik lagu. Tindakan komunikasi dalam kesenian sintren terbagi menjadi dua, pertama, tindakan komunikasi antara pemain sintren dengan roh bidadari atau makhluk yang dapat mendatangkan kuasa gaib. Tindakan komunikatif tersebut terwujud dalam permohonan, pengharapan dan sembahan; kedua, tindakan komunikasi antara pemain sintren dengan penonton. Tindakan komunikatif tersebut terwujud dalampermintaan, pernyataan, ajakan, pemberitahuan. This study aims to describe relationship between the sequence of communication component, form of messages and act of communication. This descriptive qualitative study on communication ethnography. Theethnographic method was applied here. The data were all utterances in Sintren dance. Source of data was the players involved in sintren art from Bahurekso sintren group in Pekalongan. The result shows that sintren dance has a local communication system linked in sequence in acronym GEPNIKAS namely Genres, Ends, Participants, Norma, Instrumentalities, Key, Act sequences, and Settings. Form of messages are divided into three types:form of spells, parikans and song lyrics. Futhermore, communicative action can be classified into two groups. The first is communication between Sintren player with angel or some creative that can bring mystical or magic power in the forms of statement, expectations and worship, while the second is the communication between Sintren players and audience. The communicative action is manifested in requests, statements, invitations, notifications.
Item Description:http://eprints.undip.ac.id/81023/1/TESIS_UNDIP_2020_EVI_ARIFIANI_130203174200023.docx