Membangun Personal Branding Pustakawan Universitas Jember di Era Revolusi Industri 4.0

Prosiding Seminar Nasionl UPT Perpustakaan Universitas Jember 2019

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NADHIFAH, Khusnun (Author)
Format: Academic Paper
Published: UPT Penerbitan & Percetakan Universitas Jember, 2020-08-03T07:23:21Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02548 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_100330
042 |a dc 
100 1 0 |a NADHIFAH, Khusnun  |e author 
245 0 0 |a Membangun Personal Branding Pustakawan Universitas Jember di Era Revolusi Industri 4.0 
260 |b UPT Penerbitan & Percetakan Universitas Jember,   |c 2020-08-03T07:23:21Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100330 
500 4 1 |u NIP197202052005012001 
520 |a Prosiding Seminar Nasionl UPT Perpustakaan Universitas Jember 2019 
520 |a Revolusi industri 4.0 merubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, gaya hidup manusia dan dunia perpustakaan. Keberadaan tenaga manusia di perpustakaan banyak tergantikan oleh teknologi sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Fenomena tersebut, memberikan dampak bahwa pustakawan harus melakukan perubahan dan menyesuaiakan diri agar profesinya tidak tertindas dengan teknologi. Menjadi keharusan pustakawan untuk menyelaraskan dengan kebutuhan yang diharapkan usernya. Kondisi lapangan menunjukkan pustakawan belum banyak melakukan transformasi dan defensif dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya Perpustakaan Universitas Jember (UNEJ) mengembangkan personal branding pustakawan di era revolusi industri 4.0.? Tujuan penelitian untuk menganalisis upaya Perpustakaan UNEJ dalam membangun personal branding pustakawan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang memberikan gambaran tentang upaya Perpustakaan UNEJ dalam membangun personal branding pustakawan mulai Desember 2017-Mei 2019. Subyek penelitian berjumlah 15 pustakawan. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan obersvasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan untuk membangun personal branding pustakawan dilakukan dengan membangun persepsi kualitas kelembagaan, membangun kesadaran kualitas layanan, membangun kesadaran merek/brand pustakawan yang terdiri dari tahapan Unaware of Brand (tidak meyakini Pustakawan), Brand Recognition (Pengenalan Pustakawan), Brand Recall (Pengingatan kembali tentang pustakawan), Top of Mind (pustakawan menjadi pihan utama). 
546 |a Ind 
690 |a brand 
690 |a personal branding 
690 |a pustakawan 
690 |a revolusi indusri 4.0 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100330 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100330  |z Get Fulltext