Eksplorasi Etnomatematika Pada Kerajinan Kayu DI Desa Tutul Kecamatan Balung Sebagai Bahan Ajar Geometri

Matematika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bilangan dan bentukbentuk operasional yang digunakan di dalam bilangan. Kegiatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari telah menggunakan konsep matematika. Memahami matematika sebagai produk dari budaya adalah salah satu pengerti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kholifatuzzuhro, Aina (Author)
Other Authors: Sunardi (Contributor), Anka Monalisa, Lioni (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-10-20T04:09:24Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Matematika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bilangan dan bentukbentuk operasional yang digunakan di dalam bilangan. Kegiatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari telah menggunakan konsep matematika. Memahami matematika sebagai produk dari budaya adalah salah satu pengertian dari etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menggali apa-apa saja etnomatematika yang terkait dengan kerajinan kayu di Desa Tutul, Jember. Kerajinan kayu adalah suatu kerajinan yang berbahan dasar utama kayu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan design etnografi. Daerah yang digunakan pada penelitian ini adalah Desa Tutul Kecamatan Balung Jember. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah pengrajin dan pemilik rumah produksi kayu "Ara Collections". Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kerajinan kayu memiliki unsur matematika. Unsur-unsur matematika yang ditemukan adalah bangun ruang bola, tabung, kubus, bangun datar persegi panjang, paraboloida, elipsoida, hiperbola, pola geometri, dan dilatasi. Pada penelitian ini difokuskan pada objek gelang, kalung, dan telenan. Bentuk pada bulir gelang dan kalung mengandung konsep bangun ruang balok, bangun ruang bola, bangun ruang tabung, elipsoida, dan paraboloida. Susunan bulir pada gelang dan kalung mengandung konsep pola geometri. Perbandingan ukuran pada bulir pada gelang dan kalung mengandung konsep dilatasi. Bentuk telenan mengandung konsep bangun datar persegi panjang dan hiperbola.
Item Description:160210101087
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101167
Pendidikan Matematika