Pengaruh Media Phet Physics Education Technology Pada Pembelajaran Ipa Materi Getaran Dan Gelombang Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa DI Smp

Ilmu Pengetahuan Alam yang biasa kita kenal dengan IPA adalah salah satu materi pembelajaran yang di ajarkan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang mempelajari gejala - gejala alam yang meliputi mahluk hidup dan mahluk tak hidup. Ilmu Pengetahuan Alam merupaka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HANDAYANI, Asiyah (Author)
Other Authors: INDRAWATI (Contributor), WICAKSONO, Iwan (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-10-26T03:52:49Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02734 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_101305
042 |a dc 
100 1 0 |a HANDAYANI, Asiyah  |e author 
100 1 0 |a INDRAWATI  |e contributor 
100 1 0 |a WICAKSONO, Iwan  |e contributor 
245 0 0 |a Pengaruh Media Phet Physics Education Technology Pada Pembelajaran Ipa Materi Getaran Dan Gelombang Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa DI Smp 
260 |b Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember,   |c 2020-10-26T03:52:49Z. 
500 |a nim 160210104022 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101305 
500 |a Pendidikan IPA 
500 4 1 |u 2101040 
520 |a Ilmu Pengetahuan Alam yang biasa kita kenal dengan IPA adalah salah satu materi pembelajaran yang di ajarkan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang mempelajari gejala - gejala alam yang meliputi mahluk hidup dan mahluk tak hidup. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari dijenjang pendidikan dasar sampai menengah yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar. Dengan demikian, IPA merupakan mata pelajaran di SMP yang mempelajari gejala - gejala alam dimana IPA juga berperan penting dalam kemajuan teknologi. Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran sangat di butuhkan untuk menambah pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran IPA. Salah satu jenis dari media pembelajaran yaitu media berbasis Information, Communication, and Technology (ICT). Pemanfaatan media berbasis ICT perlu memperhatikan beberapa teknik agar media dapat digunakan secara maksimal dan tidak menyimpang dari tujuan media dibuat yaitu untuk membantu memudahkan siswa dalam belajar. Perkembangan media pembelajaran berbasis ICT salah satu diantaranya ialah simulasi PhET (Physic Education and Technology) yang digunakan sebagai media pembelajaran pada materi IPA. Media pembelajaran menggunakan simulasi PhET adalah salah satu dari media pembelajaran yang yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengkaji pengaruh penggunaan simulasi PhET pada pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar siswa SMP, (2) Mengkaji pengaruh simulasi PhET pada pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. 
546 |a Ind 
690 |a Materi Getaran dan Gelombang 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101305 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101305  |z Get Fulltext