Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Wayang Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman DI Negeriku Pada Siswa Kelas IV DI MI Unggulan Nuris Jember

Pembelajaran tematik terpadu merupakan proses pembelajaran yang menggabungkan mata pelajaran yang saling berkaitan sehingga peserta didik menjadi bermakna dalam pembelajarannya. Proses pembelajaran yang digunakan saat ini berpacu pada kurikulum 2013. Pembelajaran K13 salah satu pendukung berjalannya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Novitasari, Ratih (Author)
Other Authors: Fitriyah, Chumi Zahroul (Contributor), Puspitaningrum, Dyah Ayu (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-11-03T01:37:01Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pembelajaran tematik terpadu merupakan proses pembelajaran yang menggabungkan mata pelajaran yang saling berkaitan sehingga peserta didik menjadi bermakna dalam pembelajarannya. Proses pembelajaran yang digunakan saat ini berpacu pada kurikulum 2013. Pembelajaran K13 salah satu pendukung berjalannya proses pembelajaran yaitu siswa terlibat aktif akan tetapi, di lapangan jarang siswa aktif dalam pelaksanaannya. Hasil wawancara dan observasi di MI Unggulan Nuris Jember siswa memerlukan dorongan, pancingan, bahkan paksaan untuk memahami pembelajaran agar aktif di dalam kelas. Guru berperan penting dalam proses pembelajaran dan diperlukan kreatifitas untuk merencanakan pembelajaran agar pembelajaran mudah dipahami dan bermakna sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Salah satu aspek yang dapat membantu mengoptimalkan pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan salah satu alternatif yang digunakan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV di MI Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV di MI Unggulan Nuris Jember tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental dengan pola pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IVA dan IVB di MI Unggulan Nuris Jember yang berjumlah 65 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan tes hasil belajar pretest posttest.
Item Description:160210204029
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101570
Pendidikan Guru Sekolah Dasar