Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Wayang Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman DI Negeriku Pada Siswa Kelas IV DI MI Unggulan Nuris Jember

Pembelajaran tematik terpadu merupakan proses pembelajaran yang menggabungkan mata pelajaran yang saling berkaitan sehingga peserta didik menjadi bermakna dalam pembelajarannya. Proses pembelajaran yang digunakan saat ini berpacu pada kurikulum 2013. Pembelajaran K13 salah satu pendukung berjalannya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Novitasari, Ratih (Author)
Other Authors: Fitriyah, Chumi Zahroul (Contributor), Puspitaningrum, Dyah Ayu (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-11-03T01:37:01Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02877 am a22002413u 4500
001 repository_unej_123456789_101570
042 |a dc 
100 1 0 |a Novitasari, Ratih  |e author 
100 1 0 |a Fitriyah, Chumi Zahroul  |e contributor 
100 1 0 |a Puspitaningrum, Dyah Ayu  |e contributor 
245 0 0 |a Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Wayang Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman DI Negeriku Pada Siswa Kelas IV DI MI Unggulan Nuris Jember 
260 |b Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember,   |c 2020-11-03T01:37:01Z. 
500 |a 160210204029 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101570 
500 |a Pendidikan Guru Sekolah Dasar 
500 4 1 |u 0210204 
520 |a Pembelajaran tematik terpadu merupakan proses pembelajaran yang menggabungkan mata pelajaran yang saling berkaitan sehingga peserta didik menjadi bermakna dalam pembelajarannya. Proses pembelajaran yang digunakan saat ini berpacu pada kurikulum 2013. Pembelajaran K13 salah satu pendukung berjalannya proses pembelajaran yaitu siswa terlibat aktif akan tetapi, di lapangan jarang siswa aktif dalam pelaksanaannya. Hasil wawancara dan observasi di MI Unggulan Nuris Jember siswa memerlukan dorongan, pancingan, bahkan paksaan untuk memahami pembelajaran agar aktif di dalam kelas. Guru berperan penting dalam proses pembelajaran dan diperlukan kreatifitas untuk merencanakan pembelajaran agar pembelajaran mudah dipahami dan bermakna sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Salah satu aspek yang dapat membantu mengoptimalkan pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan salah satu alternatif yang digunakan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV di MI Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV di MI Unggulan Nuris Jember tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental dengan pola pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IVA dan IVB di MI Unggulan Nuris Jember yang berjumlah 65 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan tes hasil belajar pretest posttest. 
546 |a Ind 
690 |a Model Pembelajaran 
690 |a Media Wayang 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101570 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101570  |z Get Fulltext