Analisis Model Pembelajaran Sentra Seni untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A2 di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

Analisis Model Pembelajaran Sentra Seni Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A2 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, Ahyu latif Riski, 160210205098; 2016; 88 halaman; program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Faku...

Täydet tiedot

Tallennettuna:
Bibliografiset tiedot
Päätekijä: Riski, Ahyu Latif (Tekijä)
Muut tekijät: Yuliati, Nanik (Avustaja), Budyawati, Luh Putu Indah (Avustaja)
Aineistotyyppi: Academic Paper
Julkaistu: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 2021, 2021-03-24T01:47:23Z.
Aiheet:
Linkit:Get Fulltext
Tagit: Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
LEADER 04585 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_103567
042 |a dc 
100 1 0 |a Riski, Ahyu Latif  |e author 
100 1 0 |a Yuliati, Nanik  |e contributor 
100 1 0 |a Budyawati, Luh Putu Indah  |e contributor 
245 0 0 |a Analisis Model Pembelajaran Sentra Seni untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A2 di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 
260 |b Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 2021,   |c 2021-03-24T01:47:23Z. 
500 |a 160210205098 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103567 
520 |a Analisis Model Pembelajaran Sentra Seni Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A2 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, Ahyu latif Riski, 160210205098; 2016; 88 halaman; program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Penerapan kegiatan model pembelajaran sentra seni di TK ARNI Jember dirancang untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok A2 melalui kegiatan kolase, menggambar bebas, mengkontur (membuat pola garis lurus, lingkaran dan kotak), dan membuat prakarya. Berdasarkan hasil observasi pada saat melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai di sentra seni, anak kelompok A2 sudah dapat memilih sendiri warna yang disukainya, bisa membentuk gambar sederhana secara mandiri, menambahkan bentuk pada gambar sederhana dan menghasilkan sendiri bentuk gambar yang berbeda dari anak lainnya sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran sentra seni di TK ARNI Jember dapat mengembangkan kreativitas anak sesuai dengan tujuannya. Penelitian ini ingin memahami lebih lanjut model pembelajaran sentra seni untuk mengembangkan kreativitas anak di TK tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model pembelajaran sentra seni untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok A2 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/20201? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran sentra seni untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok A2 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dilakukan bulan Agustus sampai Oktober Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021, di mana sudah berlaku pembelajaran dari rumah akibat pandemi Covid-19. Sumber data diperoleh dari informan guru kelompok A2 dan Kepala sekolah TK ARNI Kecamatan Kaliwates Jember. Metode pengumpulan data melalui observasi (catatan lapangan), wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis data yang meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di TK ARNI Jember menunjukkan bahwa selama kegiatan pembelajaran dari rumah, guru menerapkan pijakan penataan lingkungan melalui penyusunan RPPDr dengan membuat indikator yang sesuai perkembangan kreativitas anak, menyiapkan peralatan dan bahan, dan kegiatan untuk anak. Untuk pijakan sebelum bermain, guru membuat video pembelajaran untuk menstimulasi kreativitas anak dengan menjelaskan tugas dan berpesan agar membuat karya sesuai idenya sendiri. Untuk pijakan saat anak bermain, dilakukan dengan cara guru memberikan arahan agar anak membuat kreasi bersama orangtua di rumah, di mana orangtua mendampingi kegiatan anak. Untuk pijakan setelah main, guru mengumpulkan video hasil karya anak dalam kegiatan seni seperti kolase, menggambar, mengkontur berbagai macam pola dan membuat kreasi karya bersama orangtua. Selain itu, masing-masing orang tua melakukan tanya jawab bersama anaknya di rumah terkait dengan kegiatan yang dikerjakan oleh anak. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru dapat lebih meningkatkan stimulasi terhadap kreativitas anak dengan kegiatan-kegiatan yang lebih inovatif menggunakan beragam peralatan dan bahan yang ada di rumah anak-anak, mengembangkan imajinasi anak dengan bercerita/dongeng singkat sebelum menjelaskan tugas dan melakukan tanya jawab dengan anak ketika selesai kegiatan pembelajaran. 
546 |a Ind 
690 |a Model Pembelajaran 
690 |a Sentra Seni 
690 |a Kreativitas Anak 
655 7 |a Other  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103567 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103567  |z Get Fulltext