Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukowono 04 Jember

Penelitian ini dilakukan di SDN Sukowono 04 Jember tanggal 31 Agustus 2018. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian korelasi dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 41 siswa pada kelas IV SDN Sukowono 04 Jember yang dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FALDANO, Gary (Author)
Other Authors: M. Sulthon (Contributor), FINALI, Zetti (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2021-03-31T06:49:30Z.
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan di SDN Sukowono 04 Jember tanggal 31 Agustus 2018. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian korelasi dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 41 siswa pada kelas IV SDN Sukowono 04 Jember yang dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji korelasi Product Moment yang dibantu program SPSS versi 23. Penelitian ini dalam pengujian hipotesis dengan taraf 5% menggunakan korelasi product moment dan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Ditunjukkan oleh hasil nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,843 > 0,308) dan koefisien determinasi 71%. Hal ini menunjukkan bahwa 71% perhatian orang tua memiliki kontribusi terhadap hasil belajar siswa, sedangkan sisanya 29% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan kepala sekolah. Saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya orang tua lebih memperhatikan perkembangan belajar siswa di rumah agar hasil belajar siswa menjadi lebih optimal lagi. Bagi peneliti lain dapat dijadikan bahan pertimbangan serta perlu diperhatikan pula faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam penelitian selanjutnya dan memperhatikan tindak lanjutnya.
Item Description:140210204118
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103771
Pendidikan Guru Sekolah Dasar