Hubungan Antara Berpikir Kritis Dan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Dengan Penerapan Model Pembelajaran Rwrs

Pembelajaran daring bukan suatu alasan untuk para pendidik tidak menggunakan suatu model pembelajaran. Model pembelajaran diterapkan dengan tujuan untuk melatih kemampuan berpikir salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif. Keterampilan abad 21 perlu dibelajarkan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: SISWATI, Bea Hana (Author), HARIYADI, Slamet Hariyadi (Author), COREBIMA, Aloysius Duran (Author)
Format: Academic Paper
Published: Jurnal Pendidikan IPA Lentera Sains, 2021-04-07T01:58:35Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02523 am a22002653u 4500
001 repository_unej_123456789_103935
042 |a dc 
100 1 0 |a SISWATI, Bea Hana  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103935 
500 |a KODEPRODI0210103#Pendidikan Biologi 
500 |a NIDN0001049004 
500 4 1 |u NIDN0001016804 
700 1 0 |a HARIYADI, Slamet Hariyadi  |e author 
700 1 0 |a COREBIMA, Aloysius Duran  |e author 
245 0 0 |a Hubungan Antara Berpikir Kritis Dan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Dengan Penerapan Model Pembelajaran Rwrs 
260 |b Jurnal Pendidikan IPA Lentera Sains,   |c 2021-04-07T01:58:35Z. 
520 |a Pembelajaran daring bukan suatu alasan untuk para pendidik tidak menggunakan suatu model pembelajaran. Model pembelajaran diterapkan dengan tujuan untuk melatih kemampuan berpikir salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif. Keterampilan abad 21 perlu dibelajarkan kepada peserta didik termasuk juga kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian korelasional yang melibatkan 64 mahasiswa semester 2. Data penelitian diambil menggunakan instrumen rubrik keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif. Data yang didapatkan dianalisis dengan bantuan software aplikasi SPSS 23. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan positif antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,001. Besar sumbangan relative keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar sebesar 21,5%. Besar sumbangan efektif keterampilan berpikir kritis 3,5% dan sumbangan efektif keterampilan metakognitif 18% terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi. Adanya hubungan yang signifikan ini maka disarankan untuk para pendidik khususnya dosen mempertimbangan model RWRS agar diterapkan di pembelajaran agar mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan metakognitif dan hasil belajar mahasiswa 
546 |a Ind 
690 |a Berpikir Kritis 
690 |a Metakognitif 
690 |a Hasil Belajar 
690 |a Model Pembelajaran 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103935 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103935  |z Get Fulltext