Peran Guru Dalam Melakukan Pembiasaan Kemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi DI TK Ilmu Al-Qur'an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Peran guru merupakan peran yang sangat penting dalam mendidik anak yang memiliki kesulitan dan hambatan untuk mencapai sebuah tujuan. Untuk menjalankan perannya dalam membiasakan kemandirian pada anak, guru di TK Ilmu Al-Qur'an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember menggunakan metode bernyanyi....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Tyas, Ika Agustining (Author)
Other Authors: Yuliati, Nanik (Contributor), Aisiyah, Laily Nur (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2021-04-15T01:18:20Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Peran guru merupakan peran yang sangat penting dalam mendidik anak yang memiliki kesulitan dan hambatan untuk mencapai sebuah tujuan. Untuk menjalankan perannya dalam membiasakan kemandirian pada anak, guru di TK Ilmu Al-Qur'an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember menggunakan metode bernyanyi. Penelitian ini ingin menyelidiki tentang peran guru dalam melakukan pembiasaan kemandirian pada anak kelompok B melalui metode bernyanyi. Peran-peran ini dikaitkan dengan peran guru sebagai motivator, pembimbing, pengajar, dan evaluator. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "Bagaimanakah peran guru dalam melakukan pembiasaan kemandirian pada anak usia 5-6 tahun melalui metode bernyanyi di TK Ilmu Al-Qur'an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?" Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam melakukan pembiasaan kemandirian pada anak usia 5-6 tahun melalui metode bernyanyi di TK Ilmu Al-Qur'an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, di mana penelitian ini dilakukan selama 2 minggu di TK Ilmu Al-Qur'an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu guru dan siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Untuk teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Item Description:160210205057
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104069
Pendidikan Anak Usia Dini