Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (Ddct) Berbasis Local Wisdom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa SMP

Perkembangan IPTEK yang semakin pesat mendorong siswa untuk harus memiliki kemampuan berpikir kritis agar dapat bersaing secara global. Kemampuan berpikir kritis dapat membantu siswa untuk mampu memutuskan suatu permasalahan berdasarkan fakta-fakta dan informasi yang relevan agar dapat dipertanggung...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rohmatillah, Septya (Author)
Other Authors: Sutarto (Contributor), Budiarso, Aris Singgih (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2021-04-19T05:11:03Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02615 am a22002413u 4500
001 repository_unej_123456789_104216
042 |a dc 
100 1 0 |a Rohmatillah, Septya  |e author 
100 1 0 |a Sutarto  |e contributor 
100 1 0 |a Budiarso, Aris Singgih  |e contributor 
245 0 0 |a Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (Ddct) Berbasis Local Wisdom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa SMP 
260 |b Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember,   |c 2021-04-19T05:11:03Z. 
500 |a 160210104038 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104216 
500 |a Pendidikan IPA 
500 4 1 |u 0210104 
520 |a Perkembangan IPTEK yang semakin pesat mendorong siswa untuk harus memiliki kemampuan berpikir kritis agar dapat bersaing secara global. Kemampuan berpikir kritis dapat membantu siswa untuk mampu memutuskan suatu permasalahan berdasarkan fakta-fakta dan informasi yang relevan agar dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Namun realitanya, pembelajaran IPA di kelas masih belum membiasakan siswa untuk berpikir kritis. Sehingga diperlukan proses pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk berpikir kritis. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan dialog yang disertai dengan kegiatan berpikir kritis. Model pembelajaran DDCT dapat dikolaborasikan dengan pembelajaran berbasis local wisdom agar siswa secara nyata dapat menemukan fenomena-fenomena alam yang menjadi topik pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengambil judul Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thingking (DDCT) Berbasis Local Wisdom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran DDCT berbasis local wisdom terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Muncar pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan pemilihan tempat penelitian didasarkan pada local wisdom setempat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Sampel penelitian diambil dua kelas dari keseluruhan kelas VII SMPN 1 Muncar. 
546 |a Ind 
690 |a Kemampuan Berpikir Kritis 
690 |a Deep Dialogue Critical Thinking (DDC 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104216 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104216  |z Get Fulltext