Penerapan Model Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 4 Smk 1 Pancasila Ambulu Jember Pada Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Improve dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019, serta...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: SETYOWATI, Arum (Author), KANTUN, Sri (Author), KARTIN, Titin (Author)
Format: Academic Paper
Published: Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 2021-10-07T04:14:40Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02713 am a22002533u 4500
001 repository_unej_123456789_105310
042 |a dc 
100 1 0 |a SETYOWATI, Arum  |e author 
500 |a KODEPRODI0210301#PendidikanEkonomi 
500 |a NIDN0007105802 
500 |a NIDN0005128004 
500 |a http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105310 
700 1 0 |a KANTUN, Sri  |e author 
700 1 0 |a KARTIN, Titin  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Model Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 4 Smk 1 Pancasila Ambulu Jember Pada Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019) 
260 |b Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial,   |c 2021-10-07T04:14:40Z. 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Improve dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019, serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yakni tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode observasi, tes, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Improve dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa mencapai skor rata-rata 2,3 pada kategori sedang dan meningkat sebesar 0,8 menjadi 3,1 pada kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang di dapat dari tugas studi kasus dan ulangan harian siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 78,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76,2%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,5 dan ketuntasan klasikal sebesar 83,3%. 
690 |a Model Pembelajaran Improve 
690 |a Aktivitas Belajar 
690 |a Hasil Belajar 
690 |a Materi Akuntansi 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105310 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105310  |z Get Fulltext