Perilaku Truth-Seeking Siswa SMA Negeri 1 Jember dalam Pemecahan Masalah dengan Semesta Pembicaraan yang Tidak Diketahui pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Teori Ideal Problem Solving

Perilaku truth-seeking siswa merupakan prediktor utama seseorang memiliki perilaku berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian yang berkaitan dengan perilaku trth-seeking siswa dalam merespon permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku truth-seekin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rahmawati, MIRA (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-04-13T02:50:04Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02412 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_106355
042 |a dc 
100 1 0 |a Rahmawati, MIRA  |e author 
245 0 0 |a Perilaku Truth-Seeking Siswa SMA Negeri 1 Jember dalam Pemecahan Masalah dengan Semesta Pembicaraan yang Tidak Diketahui pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Teori Ideal Problem Solving 
260 |b Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,   |c 2022-04-13T02:50:04Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106355 
520 |a Perilaku truth-seeking siswa merupakan prediktor utama seseorang memiliki perilaku berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian yang berkaitan dengan perilaku trth-seeking siswa dalam merespon permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku truth-seeking yang dimiliki oleh siswa dalam mengerjakan soal dengan semesta yang tidak diketahui berdasarkan model pemecahan masalah IDEAL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan tahapan (1) penentuan subjek penelitian, (2) pembuatan instrumen, (3) pemberian soal kepada subjek dan perekaman perilaku truth-seeking, (4) penganalisisan data, (5) triangulasi antara hasil pengamatan dan wawancara, dan (5) penyimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa cenderung tidak berperilaku truth-seeking dalam mengerjakan soal dengan semesta yang tidak diketahui berdasarkan model IDEAL. Siswa melakukan beberapa tahapan yang terdapat pada teori IDEAL problem solving, yaitu mengidentifikasi masalah, menentukan tujuan, melaksanakan strategi, melihat kembali dan mengevaluasi hasil. Siswa jarang menuliskan tahap melaksanakan strategi, karena siswa selalu berorientasi terhadap penyelesaian, perhitungan dan jawaban. Siswa terbiasa menggunakan tahapan pada teori IDEAL problem solving dalam menyelesaikan soal cerita dan tidak terbiasa menyelesaikan permasalahan matematika dalam bentuk apapun apabila tidak disertai petunjuk pengerjaan. 
520 |a Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pembimbing) Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd. (Dosen Pembimbing) 
546 |a other 
690 |a Berpikir Kritis 
690 |a Perilaku Truth-Seeking 
690 |a Teori IDEAL 
655 7 |a Other  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106355 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106355  |z Get Fulltext