Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

Finalisasi unggah file repositori tanggal 27 April 2022_Kurnadi

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROHMAH, Iflihatul (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakulatas Keguruan Ilmu Pendidikan, 2022-04-27T06:51:43Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Finalisasi unggah file repositori tanggal 27 April 2022_Kurnadi
Permainan puzzle dalam merupakan salah satu alat permainan edukatif yang paling banyak dijumpai di lembaga PAUD dan sangat disukai anak-anak. Dalam permainan ini dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak berupa memahami posisi/kedudukan, memecahkan masalah, berpikir simbolik, dan mengenal lambang bilangan. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang berfokus pada kemampuan dan kemampuan kecerdasan, bahasa, dan mengingat, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap kemampuan yang dilalui oleh anak usia dini, salah satu aspek yang perlu dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini adalah aspek kemampuan kognitif anak. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan aspek kognitif anak yaitu dengan permainan puzzle. Permainan puzzle yang digunakan pada penelitian ini merupakan permainan puzzle jam yang belum digunakan oleh guru di TK Plus AlHujjah ini. Pada puzzle jam ini terdapat gambar dan warna yang menarik sehingga membuat anak bersemangat untuk bermain. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Adakah Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Plus AlHujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah bermaian puzzle yang di berikan pada anak usia 4-5 tahun di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Waktu pelaksanaan selama 2 minggu. Informan pendukung anak, guru kelas, dokumen, literatul yang relevan. Teknis analisis data yang digunakan melalui 2 tahap yaitu Uji T dan Uji Validasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bermain puzzle untuk kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember berpengaruh, dapat dilihat pada saat observasi ada beberapa anak yang belum mampu meletekkan barang pada tempat masingmasing yang telah diberi nama dan foto setelah diberi treatment dengan bermain puzzle sehingga anak mampu mengingat dan memahami posisi/kedudukan dengan meletakkan barang pada loker masing-masing yang terdapat nama dan foto setiap anak. Penelitian yang telah dilakukan di TK Plus Al-Hujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, memberikan hasil, bahwa permainan puzzle dapat mengembangkan aspek kognitif anak, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan puzzle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif anak. Perubahan nilai kemampuan kognitif anak lebih mengalami perubahan kemampuan yang signifikan daripada kelompok kontrol, apabila dibandingkan dengan taraf signifikan 0.05 maka 0,127 > 0.05 dan 0,143 > 0.05 sehingga data tersebut dapat dikatakan berdistribusi normal. Selain itu dari hasil uji statistik independent sample test menggunakan program SPSS versi 21.0 diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel (0,483 > 0,480), dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan puzzle terhadap kemapuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Plus AlHujjah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Saran untuk guru yaitu permainan puzzle sangat efektif untuk diterapkan dalam kegiatan bermain anak di dalam kelas karena di dalam permainan ini terdapat aspek-aspek keterampilan kognitif anak yang terstimulus dan dapat digunakan bahan pertimbangan dalam menyusun RPPH untuk mengembangkan aspek kemampuan anak khususnya dalam mengembangkan aspek kemampuan kognitif anak.
Dosen Pembimbing Utama : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106648