Pengaruh Permainan Kartu Gen dalam Pembelajaran Persilangan Dihibrid Berbasis Pendekatan STEM terhadap Analytical Skill Siswa SMP

Kemampuan menganalisis siswa Indonesia masih rendah pada materi IPA yang abstrak seperti pewarisan sifat genetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kartu gen dalam pembelajaran persilangan dihibrid berbasis pendekatan STEM terhadap analytical skill siswa SMP. Metode peneli...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DIANA, Ayu Wahida Nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-05-25T04:55:10Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01968 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_106886
042 |a dc 
100 1 0 |a DIANA, Ayu Wahida Nur  |e author 
245 0 0 |a Pengaruh Permainan Kartu Gen dalam Pembelajaran Persilangan Dihibrid Berbasis Pendekatan STEM terhadap Analytical Skill Siswa SMP 
260 |b Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,   |c 2022-05-25T04:55:10Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106886 
520 |a Kemampuan menganalisis siswa Indonesia masih rendah pada materi IPA yang abstrak seperti pewarisan sifat genetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kartu gen dalam pembelajaran persilangan dihibrid berbasis pendekatan STEM terhadap analytical skill siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pre-test post-test kontrol grup. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Maesan Bondowoso tahun ajaran 2021/2022 dan sampel menggunakan dua kelas yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan IX D sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Pada kelas eksperimen menerapkan permainan kartu gen berbasis pendekatan STEM dalam pembelajaran secara tatap muka. Data dikumpulkan dengan tes uraian berdasarkan indikator untuk mengukur analytical skill siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi pengaruh yang signifikan dari penerapan permainan kartu gen terhadap analytical skill siswa SMPN 2 Maesan termasuk dalam kategori sedang. 
520 |a Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D., MCE., CIQnR., CIQaR. Mochammad Iqbal, S.Pd., M.Pd., MCE., CIQnR., CIQaR. 
546 |a other 
690 |a Permainan 
690 |a Game Edukasi 
690 |a Analytical Skill 
690 |a Pendekatan STEM 
690 |a Siswa SMP 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106886 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106886  |z Get Fulltext