Karakteristik Spray Campuran Biodiesel (Calophyllum Inophyllum) & Gasoline dengan Variasi Temperatur

Pemanfaatan Calophyllum Inophyllum sebagai biodiesel pada mesin diesel masih mengalami kendala, karena viskositas & densitas yang lebih tinggi dibandingkan minyak diesel. Hal tersebut mengakibatkan kinerja mesin diesel tidak optimal. Proses pencampuran dengan gasoline & pemanasan pada bahan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIFIN, Moch. Miftahul (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Teknik, 2022-06-09T02:57:27Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02355 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_107072
042 |a dc 
100 1 0 |a ARIFIN, Moch. Miftahul  |e author 
245 0 0 |a Karakteristik Spray Campuran Biodiesel (Calophyllum Inophyllum) & Gasoline dengan Variasi Temperatur 
260 |b Fakultas Teknik,   |c 2022-06-09T02:57:27Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107072 
520 |a Pemanfaatan Calophyllum Inophyllum sebagai biodiesel pada mesin diesel masih mengalami kendala, karena viskositas & densitas yang lebih tinggi dibandingkan minyak diesel. Hal tersebut mengakibatkan kinerja mesin diesel tidak optimal. Proses pencampuran dengan gasoline & pemanasan pada bahan bakar merupakan cara untuk menurunkan viskositas & densitas bahan agar sama dengan minyak diesel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik spray campuran biodiesel-diesel-gasoline terhadap temperatur pemanasan bahan bakar, untuk diaplikasikan pada mesin diesel. Metode penelitian menggunakan variasi temperatur pemanasan 60o C, 80o C & 100o C dengan variasi komposisi campuran bahan bakar; B0 (minyak diesel 100 %), B30 (biodiesel Calophyllum Inophyllum 30 % & minyak diesel 70%), B30G5 (B30 sebanyak 95 % & gasoline 5%), B30G10 (B30 sebanyak 90 % & gasoline 10%) & B100 (biodiesel Calophyllum Inophyllum 100 %). Dari pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa meningkatnya campuran gasoline & kenaikan temperatur dapat mempengaruhi karakteristik spray berupa spray tip penetration, spray angle, velocity of spray & spray area. Hasil karakteristik spray bahan bakar campuran biodiesel-diesel-gasoline atau B30G10 dengan temperatur 100ºC memiliki karakteristik spray yang paling mendekati karakteristik B0 dengan spray tip penetration dengan nilai 108,21 mm, spray angle dengan nilai 12,33º, velocity of spray dengan nilai 26,01 mm/ms & spray area dengan nilai 852,54 mm². 
520 |a Dosen Pembimbing Utama : Dr. Ir. Nasrul Ilminnafik S.T., M.T. Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Ir. Agus Triono, S.T., M.T. 
546 |a other 
690 |a BIODIESEL (CALOPHYLLUM INOPHYLLUM ) 
690 |a GASOLINE 
690 |a VARIASI TEMPERATUR 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107072 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107072  |z Get Fulltext