Analisis Kesalahan Konsep Buku Ajar IPA SMP Kelas VIII pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana guna mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya. Pembelajaran IPA menekankan pada pengalaman secara langsung. Konsep IPA dalam pembelajaran sangatlah penting bagi peserta didik. Pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARISKA, Nisa Dewi (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-06-27T07:25:58Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana guna mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya. Pembelajaran IPA menekankan pada pengalaman secara langsung. Konsep IPA dalam pembelajaran sangatlah penting bagi peserta didik. Pembelajaran IPA membutuhkan buku ajar untuk mendukung proses pembelajaran, namun seringkali buku ajar yang beredar memuat konsep-konsep yang tidak sesuai sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan konsep. Salah satu materi IPA yang terdapat dalam buku ajar yang sering mengalami kesalahan konsep yaitu pada materi sistem peredaran darah manusia.Agar kesalahan konsep yang terdapat dalam buku ajar IPA tidak berlangsung secara terus menerus maka perlu adanya proses analisis lebih lanjut terhadap kesalahan konsep yang terdapat pada buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan konsep pada materi sistem peredaran darah manusia dalam buku ajar IPA SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk menyelidiki kondisi atau keadaan yang hasilnya diuraikan secara lugas dan apa adanya. Pada penelitian ini menganalisis kesalahan konsep secara deskriptif terhadap konsep-konsep yang terdapat dalam buku ajar IPA SMP kelas VIII mengenai kesesuaian materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah buku ajar IPA SMP kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 4 buku ajar IPA SMP kelas VIII Kurikulum 2013 dan KTSP yang memuat materi sistem peredaran darah pada manusia yang diterbitkan oleh Kemendikbud, Erlangga, CV Teguh Karya, dan Intan Pariwara. Berdasarkan hasil penelitian kesalahan konsep pada buku ajar IPA diperoleh hasil bahwa rata-rata persentase kesalahan konsep pada materi sistem peredaran darah manusia yang terdapat di dalam buku ajar penerbit Kemendikbud sebesar 34,12% dengan kategori rendah, penerbit Erlangga sebesar 25,4% dengan kategori rendah, KTSP 2006 Penerbit CV Teguh karya sebesar 46,8% dengan kategori sedang dan penerbit Intan Pariwara sebesar 39,7% dengan kategori rendah. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kesalahan konsep pada materi sistem peredaran darah terbesar pada buku penerbit CV Teguh Karya sebesar 46,8%, kedua yaitu pada buku penerbit Intan Pariwara sebesar 39,7%, ketiga pada buku penerbit Kemendikbud sebesar 34,12% dan kesalahan terendah pada buku penerbit Erlangga sebesar 25,4%. Sehingga dari keempat buku tersebut yang paling baik digunakan yaitu buku penerbit Erlangga karena memiliki tingkat kesalahan konsep terendah.
Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., PhD Anjar Putro Utomo S.Pd., M.Ed
Item Description:http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107330