PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Akuntansi 2-B SMK Manbaul Ulum Muncar Kabupaten Banyuwangi Kompetensi Dasar Jurnal Umum Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021

Hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2-B di SMK Manbaul Ulum Muncar Kabupaten Banyuwangi masih perlu untuk ditingkatkan. Hasil belajar yang rendah ini ditunjukan dengan nilai ulangan harian pada kompetensi dasar sebelumnya persamaan dasar akuntansi yang memiliki nilai paling rendah dari kelas lainn...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-06-27T16:13:35Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2-B di SMK Manbaul Ulum Muncar Kabupaten Banyuwangi masih perlu untuk ditingkatkan. Hasil belajar yang rendah ini ditunjukan dengan nilai ulangan harian pada kompetensi dasar sebelumnya persamaan dasar akuntansi yang memiliki nilai paling rendah dari kelas lainnya yakni 68,4 serta ketuntasan klasikal 37%. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan yang selama ini proses pembelajaran hanya berpusat kepada guru sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran akuntansi pada KD jurnal umum, yaitu metode pembelajaran drill. Penerapan metode tersebut diharapkan dapat membantu agar siswa lebih aktif selama proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam analisis pencatatan jurnal umum. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2-B SMK Manbaul Ulum Muncar KD jurnal umum Semester Genap tahun ajaran 2020/2021, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2- B SMK Manbaul Ulum Muncar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan.
Dr. Sri Kantun, M.Ed.,Dwi (Dosen Pembimbing) Herlindawati, S.Pd., M.Pd (Dosen Pembimbing)
Item Description:http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107756