Peran Kapabilitas Dinamis Berbasis Literasi Digital Terhadap Kinerja Inovasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Wilayah Bakorwil Jember

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi lingkungan terhadap kapabilitas dinamis berbasis literasi digital dan kinerja inovasi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah. Kapabilitas dinamis berbasis literasi digital terdiri atas dua komponen penting yaitu kompetensi pemasaran dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIRAWAN, Rendra (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2022-06-27T16:19:47Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi lingkungan terhadap kapabilitas dinamis berbasis literasi digital dan kinerja inovasi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah. Kapabilitas dinamis berbasis literasi digital terdiri atas dua komponen penting yaitu kompetensi pemasaran dan kompetensi riset dan pengembangan. Sifat penelitian ini adalah eksplanatori dimana jumlah sampel penelitian yaitu usaha mikro, kecil dan menengah yang sudah menggunakan teknologi informasi dengan jumlah responden sebanyak 200 usaha mikro, kecil dan menengah yang terbagi secara proporsional untuk tujuh daerah di wilayah bakorwil Jember dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis SEM dengan bantuan software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi lingkungan berpengaruh tidak signifikan terhadap kompetensi pemasaran. Strategi lingkungan berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap kompetensi riset dan pengembangan serta berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap kinerja inovasi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah. Kompetensi pemasaran dan kompetensi riset dan pengembangan berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap kinerja inovasi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah. Komptensi riset dan dan pengembangan berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap kinerja pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah.
Prof. Dr. Isti Fadah, M.Si (Dosen Pembimbing) Dr. Ika Barokah Suryaningsih, MM. (Dosen Pembimbing) Dr. Deasy Wulandari, SE. M.Si. (Dosen Pembimbing)
Item Description:http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107782