Muatan Nilai Karakter di Buku Siswa Kelas III SD Tema 4 Revisi 2018 Serta Kesesuaiannya Dengan KI 1 dan KI 2 Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang berfokus terhadap pendidikan karakter, terlebih di tingkat dasar yang menjadi dasar terhadap tingkat berikutnya. Namun berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas 3 SDN Kalitapen 1 Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, karakter siswa dewasa ini mengalami p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: CAHYO, Ryan Dwi (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2022-06-27T16:48:27Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04325 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_107838
042 |a dc 
100 1 0 |a CAHYO, Ryan Dwi  |e author 
245 0 0 |a Muatan Nilai Karakter di Buku Siswa Kelas III SD Tema 4 Revisi 2018 Serta Kesesuaiannya Dengan KI 1 dan KI 2 Kurikulum 2013 
260 |b Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,   |c 2022-06-27T16:48:27Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107838 
520 |a Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang berfokus terhadap pendidikan karakter, terlebih di tingkat dasar yang menjadi dasar terhadap tingkat berikutnya. Namun berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas 3 SDN Kalitapen 1 Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, karakter siswa dewasa ini mengalami pemerosotan nilai karakter yang menyebabkan kesenjangan perilaku siswa yang tidak sesuai dengan harapan. Misalnya kerap kali terdapat siswa yang tidak datang tepat waktu alias terlambat ke sekolah. Bolos saat jam pelajaran berlangsung, mengabaikan tugas yang diberikan guru. Bahkan dalam pertemanan antar siswa sering kali ditemukan kasus perundungan siswa oleh temannya atau yang biasa disebut bullying. Dampak buruk bullying mengarah pada rusaknya mental korban bullying maupun yang membuli. Siswa juga sering didapati berkata kasar ketika berkomunikasi dengan teman sebayanya, jika dibiarkan maka ini akan menjadi suatu kebiasaan buruk kedepannya. Guna mengetahui nilai karakter yang termuat di buku siswa, maka perlu dilakukan analisis terhadap muatan nilai karakter di buku siswa tersebut. Rumusan masalah penelitian ini yakni apa sajakah nilai karakter yang terdapat pada buku siswa kelas III SD Tema 4 revisi 2018? Bagaimanakah kesesuaian nilai karakter yang terdapat di buku siswa kelas III SD Tema 4 revisi 2018 dengan indiator KI 1 dan KI 2 Kurikulum 2013? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data pada penelitian ini yakni nilai karakter yang termuat di buku siswa. Nilai karakter yang dianalisis berpedoman pada PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter), yakni nilai religius, gotong royong, integritas, nasionalisme, serta nilai mandiri. Penelitian ini bersumber pada buku tematik siswa kelas III SD tema 4 revisi 2018. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yakni metode wawancara dan dokumentasi. Terdapat 3 tahapan dalam menganalisis data pada penelitian ini yakni mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jumlah nilai karakter yang termuat di buku siswa kelas III SD tema 4 revisi 2018 yakni sebanyak 70 nilai karakter. Rincian frekuensi masing-masing nilai karakter antara lain nilai religius muncul sebanyak 14 nilai karakter, gotong royong sebanyak 16 nilai karakter, nasionalisme sebanyak 6 nilai karakter, integritas sebanyak 32 nilai karakter, dan nilai mandiri sebanyak 1 nilai karakter. Sedangkan persentase kemunculan nilai karakter yakni nilai religius (20%), nilai gotong royong (23%), nilai nasionalisme (9%), nilai integritas (46%), nilai mandiri (2%). Buku siswa kelas III SD tema 4 revisi 2018 telah memuat nilai karakter yang sesuai dengan indikator KI 1 dan KI 2 K13. Hanya saja pengembangan nilai karakternya disesuaikan dengan tema buku siswa sehingga frekuensi kemunculan nilai karakter kurang seimbang mengingat ada beberapa nilai karakter yang kurang dimunculkan di kalimat teks bacaan pada buku siswa yakni nilai nasionalisme, dan nilai mandiri. Nilai karakter yang termuat di buku siswa kelas III SD tema 4 revisi 2018 ini dapat dijadikan sebagai media oleh guru dalam menanamkan nilai karakter pada siswa kelas III SD. Saran yang diberikan yakni sebagai berikut. Bagi guru, sebaiknya guru membaca serta memahami terlebih dulu isi buku agar pembelajaran dan pengembangan nilai karakter yang telah ditentukan dapat lebih optimal. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk melakukan penelitian sejenis lebih lanjut dengan tema yang berbeda 
520 |a Dra. Yayuk Mardiati, M.A ; Dosen Pembimbing Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd 
546 |a other 
690 |a Nilai Karakter 
690 |a Revisi 
690 |a KI 1 Dan KI 2 
655 7 |a Other  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107838 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107838  |z Get Fulltext