Analisis Kualitas Pelayanan Berbasis Islami dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bsi Kantor Cabang Jember Sudirman

Pertumbuhan dunia perbankan di Indonesia yang begitu pesat akhirnya menciptakan sebuah persaingan yang semakin ketat. Persaingan dalam dunia perbankan tidak hanya berfokus pada produk akan tetapi pada sistem pelayanannya. Pelayanan dalam dunia perbankan bukan hanya tentang fungsi perbankan sebagai l...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIKA, Darul (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Ekonomi, 2022-06-28T01:15:15Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pertumbuhan dunia perbankan di Indonesia yang begitu pesat akhirnya menciptakan sebuah persaingan yang semakin ketat. Persaingan dalam dunia perbankan tidak hanya berfokus pada produk akan tetapi pada sistem pelayanannya. Pelayanan dalam dunia perbankan bukan hanya tentang fungsi perbankan sebagai lembaga pengelola dana dan menyalurkan dana dari nasabah, akan tetapi lebih mengacu kepada bagaimana cara menghasilkan sebuah produk atau memberikan kualitas terbaik jasa layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah atau sesuai dengan permintaan nasabah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan berbasis Islami dan komunikasi interpersonal terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan explanatory research dimana menjelaskan hubungan antara variabel kualitas pelayanan berbasis Islami dan komunikasi interpersonal. Sampel dalam penelitian ini sebesar 100 nasabah BSI Kantor Cabang Jember Sudirman. Tehnik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu purposive sampling dan metode analisisnya menggunakan analisis linier berganda. Hasil olahan data yang diperoleh dari uji t menunjukkan kualitas pelayanan berbasis Islami secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) dan komunikasi interpersonal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Sedangkan hasil uji F nya menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berbasis Islami dan komunikasi interpersonal berperngaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah dengan hasil uji Fhitung sebesar 37,659 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (0,000 < 0,05).
Dr. Lilis Yuliati, S.E., M.Si ; Dosen Pembimbing Akhmad Munir, S.Th.I., MA
Item Description:http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107853