Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Blended Learning Tipe Flipped Classroom Untuk Siswa Kelas VIII Smp Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika di Masa Pandemi COVID-19

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Desain pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan model Thiagarajan atau biasa dikenal dengan Four D Model. Pemilihan model ini dikarenakan tahapan pengembangan perangkat lebih sistematis serta melibatkan beberapa pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATIWI, Annisa Nurul (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2022-06-28T02:15:58Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03175 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_107947
042 |a dc 
100 1 0 |a PRATIWI, Annisa Nurul  |e author 
245 0 0 |a Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Blended Learning Tipe Flipped Classroom Untuk Siswa Kelas VIII Smp Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika di Masa Pandemi COVID-19 
260 |b Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,   |c 2022-06-28T02:15:58Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107947 
520 |a Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Desain pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan model Thiagarajan atau biasa dikenal dengan Four D Model. Pemilihan model ini dikarenakan tahapan pengembangan perangkat lebih sistematis serta melibatkan beberapa penilaian para ahli sebelum dilakukan uji coba kepada siswa yang kemudian akan direvisi hingga dapat diuji cobakan. Terdapat empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, tes dan angket. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 2 Maret 2021. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu soal tes barisan dan deret aritmetika, lembar observasi dan angket respon siswa. Data yang telah diperoleh selanjutnya dilakukan analisis data. Dalam penelitian ini, terdapat analisis validitas instrumen, analisis kepraktisan perangkat pembelajaran dan analisis keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil analisis validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP, video pembelajaran dan LKS berturut-turut diperoleh Va 3,8; 3,75; 3,75 dan dinyatakan valid. Instrumen lain seperti pedoman wawancara, soal tes, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa dinyatakan valid dengan nilai berturut 3,67; 3,75; 3,94; 3,89 dan 3,78 . Hasil analisis data Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh SR sebesar 100%. Sehingga dapat disimpulkan keterlaksanaan perangkat pembelajaran sangat baik dan dapat dikatakan perangkat pembelajaran praktis. Adapun hasil analisis data keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal, aktivitas siswa di kelas mendapatkan kriteria yang sangat aktif dengan sebesar 100% dan respon siswa positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian ini, bagi peneliti selanjutnya diharapkan adanya pengembangan penelitian lanjutan. Penelitian ini hanya melihat proses pengembangan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian selanjutnya dianjurkan pengembangan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari self efficacy dan penguasaan konsep siswa 
520 |a Dr.Didik Sugeng Pambudi, M.S ; Dosen Pembimbing Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd 
546 |a other 
690 |a Perangkat Pembelajaran 
690 |a Blended Learning 
690 |a Flipped Classroom 
690 |a COVID-19 
655 7 |a Other  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107947 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107947  |z Get Fulltext