Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Melalui Easyclass Berbantuan Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Diagram Venn

Finalisasi unggah file repositori tanggal 28 Juni 2022_Kurnadi

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROSIDA, Mukholifatur (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-06-28T05:55:29Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Finalisasi unggah file repositori tanggal 28 Juni 2022_Kurnadi
Perkembangan teknologi dan informasi telah mengalami pembaharuan yang semakin canggih dari tahun ke tahun jika dilihat dari aspek kehidupan, salah satunya pada aspek pendidikan. Peran teknologi dan informasi pada aspek pendidikan seringkali dimanfaatkan oleh guru dalam menerapkan pembelajaran seperti menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yaitu media pembelajaran blended learning melalui Easyclass berbantuan videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi diagram venn. Media pembelajaran tersebut berisi video pembelajaran animasi tentang diagram venn dari videoscribe, lembar kerja peserta didik, rancangan pelaksanaan pembelajaran, dan ringkasan materi. Media pembelajaran blended learning melalui Easyclass berbantuan videoscribe pada penelitian ini menggunakan proses pengembangan media model 4-D Thiagarajan yang meliputi empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pada tahap pendefinisian proses pengembangan dilakukan bertujuan untuk mengetahui permasalahan dasar yang ada di sekolah, selanjutnya pada tahap perancangan dilakukan pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal media, serta penyusunan tes. Pada tahap pengembangan kegiatan yang dilakukan yaitu validasi dan uji coba media. Kegiatan validasi dilakukan dengan menyerahkan media kepada validator yang terdiri dari dua orang dosen pendidikan matematika Universitas Jember dan satu orang guru mata pelajaran matematika kelas VII SMPN 2 Banyuwangi. Pada tahap uji coba, media pembelajaran yang telah divalidasi diberikan kepada 29 siswa kelas VII. Selanjutnya tahap pengembangan 4-D yang terakhir adalah tahap penyebaran yang dilakukan di berbagai tempat seperti tempat uji coba, sekolah lain dan media sosial seperti web dengan alamat https://mukholifaturrosida.blogspot.com/2021/09/video-pembelajarandiagramvenn-kelas.html. Media pembelajaran dapat dikatakan berkualitas apabila memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif yang ditentukan berdasarkan tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media yang didasarkan dari aspek isi, aspek kebahasan, dan aspek format memperoleh koefisien korelasi (𝛼) sebesar 0,94 dengan interpretasi sangat tinggi dan termasuk dalam kriteria valid. Tingkat kepraktisan media pembelajaran yang didasarkan dari angket respon pengguna media memperoleh persentase sebesar 80,4% dengan interpretasi sangat baik dan termasuk dalam kriteria praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna. Namun terdapat juga beberapa kendala seperti akses internet yang kurang baik sehingga menyebabkan beberapa siswa terganggu pada kegiatan penyampaian materi di Easyclass, siswa lupa dengan password sehingga siswa harus registrasi dan login kembali, dan guru tidak dapat mengawasi aktivitas siswa di dalam Easyclass dikarenakan keterbatasan fasilitas akun yang disediakan Easyclass sehingga guru hanya dapat mengakses akun guru saja tanpa dapat mengakses akun siswa. Oleh karena itu, solusi dari kendala-kendala tersebut yaitu pada pemberian pretest, soal tes, dan angket respon pengguna media diberikan secara manual pada pembelajaran tatap muka. Tingkat keefektifan didasarkan pada peningkatan nilai hasil belajar terhadap nilai pretest yang memperoleh persentase sebesar 89,6% dengan interpretasi sangat tinggi dan termasuk dalam kategori efektif yang ditunjukkan dengan sebanyak 26 siswa dari 29 siswa telah mengalami peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran blended learning melalui Easyclass berbantuan videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa telah mencapai kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.
Dosen Pembimbing I : Dr. Didik Sugeng Pambudi, M.S. Dosen Pembimbing II : Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pd.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108102