Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Finalisasi unggah file repositori tanggal 28 Juni 2022_Kurnadi

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSUMANINGRUM, Dinanda (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-06-28T06:28:32Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04692 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_108116
042 |a dc 
100 1 0 |a KUSUMANINGRUM, Dinanda  |e author 
245 0 0 |a Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 
260 |b Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,   |c 2022-06-28T06:28:32Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108116 
520 |a Finalisasi unggah file repositori tanggal 28 Juni 2022_Kurnadi 
520 |a Pandemi covid-19 merupakan fenomena baru dalam sistem pendidikan Indonesia yang menyebabkan Kepala Sekolah perlu mengembangkan kemampuannya dalam membina serta meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru dapat terlihat dari kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, serta melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran. Kinerja guru TK ARNI Kecamaan Kaliwates Kebupaten Jember pada masa pandemi covid-19 sudah cukup baik. Namun, Kepala Sekolah belum melakukan kegiatan penilaian atau evaluasi terkait kinerja guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Bagaimana kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada masa pandemi covid-19 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?". Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada masa pandemi covid-19 di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang dilakukan selama 5 minggu di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu Kepala Sekolah dan sumber data yang diperoleh dari informan pendukung yaitu dua guru TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Teknik analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Kepala Sekolah melakukan kepemimpinannya dalam meningkatkan kinerja guru pada masa pandemi covid-19 dengan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis serta berperan sebagai supervisor, inovator dan motivator. Kepala Sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dan selalu bermusyawarah dengan guru dalam mengambil keputusan. Kepala Sekolah melaksanakan perannya sebagai supervisor dengan melakukan beberapa strategi, antara lain: mencari informasi dan belajar bersama guru melalui internet terkait pembelajaran di masa pandemi covid-19, melaksanakan rapat atau briefing bersama guru dan staf untuk mencari solusi, menanyakan permasalahan yang dialami guru satu-persatu, memotivasi guru dalam mengikuti pelatihan serta berinovasi terkait pembelajaran supaya tidak monoton. Kepala Sekolah berperan sebagai inovator dengan melakukan inovasi terkait sistem pembelajaran daring supaya lebih efektif dan efisien. Kepala Sekolah berperan sebagai motivator dengan melakukan beberapa strategi, antara lain: mengatur lingkungan sekolah dan kelas bersama guru dan staf supaya terlihat kondusif, sejuk, dan nyaman; menciptakan suasana kerja yang harmonis dengan selalu berkomunikasi secara langsung maupun melalui whatsapp grup guru; menciptakan rasa aman di sekolah dengan penerapan 5M dan vaksinansi; memberi insentif atau bonus kepada guru; pemberian teguran, dan memberi motivasi secara internal maupun eksternal kepada guru. Kinerja guru TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember dalam merencanakan, melaksanakan, serta melakukan evaluasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 terbilang cukup baik. Namun pada aspek mengkoordinasi pembelajaran, kinerja guru saat pembelajaran luring terlihat lebih baik dari pada saat pembelajaran daring karena guru dapat melaksankannya secara langsung. Kinerja guru yang baik tidak lepas dari adanya kepemimpinan yang diterapkan Kepala Sekolah. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya Kepala Sekolah TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember melakukan penilaian terkait kinerja guru yang dilaksankan satu semester sekali dan lebih memotivasi serta memfasilitasi guru dalam mengikuti pelatihan atau workshop. Saran untuk guru yaitu lebih mengembangkan kinerjanya dalam aspek mengkoordinasi pembelajaran daring. 
520 |a Dosen Pembimbing utama : Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi, M.A. Dosen Pembimbing anggota : Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd 
546 |a other 
690 |a Kepemimpinan 
690 |a Kinerja Guru 
690 |a Pandemi Covid-19 
655 7 |a Other  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108116 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108116  |z Get Fulltext