STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MOODUL DENGAN SlSWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DISERTAI LEMBAR KERJA SlSWA TAK BERSTRUKTUR (STUDI PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER Il SLTPN 4 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2002/2003 UNTUK POKOK BAHASAN SUHU)

kata kunci hasil belajar, pengajaran menggunakan modul, metode ek.sperimen disertai lembar kerja sisw:a tak berstruktur. Berbagai macam faktor yang mempengaruhi hasil belajar, salah satu diantaranya adalah metode mengajar. Semakin baik dan tepat seorang guru memilih metode mengajar dalam proses bela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RITA MUSYAFITRI (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-01-06T05:53:06Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02986 am a22001693u 4500
001 repository_unej_123456789_60855
042 |a dc 
100 1 0 |a RITA MUSYAFITRI  |e author 
245 0 0 |a STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MOODUL DENGAN SlSWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DISERTAI LEMBAR KERJA SlSWA TAK BERSTRUKTUR (STUDI PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER Il SLTPN 4 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2002/2003 UNTUK POKOK BAHASAN SUHU) 
260 |c 2015-01-06T05:53:06Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60855 
520 |a kata kunci hasil belajar, pengajaran menggunakan modul, metode ek.sperimen disertai lembar kerja sisw:a tak berstruktur. Berbagai macam faktor yang mempengaruhi hasil belajar, salah satu diantaranya adalah metode mengajar. Semakin baik dan tepat seorang guru memilih metode mengajar dalam proses belajar mengajar, maka memungkinkan semakin tinggi hasil yang dicapai dalam belajar, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini meneliti masalah metode pembelanjaran. Adapun runusan masalah: 1) Adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan modul dengan menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur; 2) Hasil belajar fisika manakah yang lebih baik dalam penyampaian materi pelajaran yang menggunakan modul dengan menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur. Sedangkan tujuan penelitian adalah : 1) untuk mengetahui adakah perbedaan basil bel ajar siswa yang diajar menggunakan modul dengan menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur; 2) untuk mengetahui manak.ah hasil belajar fisika yang lebih baik dalam penyampaian materi pelajaran yang menggunakan modul dengan menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur. Responden penelitian diambil dua kelas dengan metode duster ranclom sampling dengan teknik undian setelah dilakukan uji homogenitas dan dianalisa meogggunakan rumus t-Ies. Berdasarkan hasiJ perhitungan didapatkan t-hitung = 5,27 dan t-tabel = I ,665 dengan taraf signifikan 5% untuk db = 86, sehingga dapat dinyatakan t-hitung > tabel yang berarti ada perbedaan basil belajar dengan menggunakan modul dan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur. Bajwa pengajaran rnenggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur tidak lebih jelek daripada pengajaran menggunakan modul. Berdasarkan hasil pembahasan dan perhitungan dintas, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan modul dengan siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur; 2) Hasil belajar siswa pada pclajaran fisika yang diajar menggunakan metode eksperimen disertai LKS tak berstruktur tidak lebih jelek daripada pengajaran menggunakan modul 
520 |a Universitas Jember 
690 |a HASIL BELAJAR FISIKA 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60855 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60855  |z Get Fulltext