HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP VIRUS DENGAN PERSEPSI SISWA TENTANG MASALAH AIDS PADA KELAS I SMUN I ARJASA JEMBER TAHUN PELAJARAN 1999/2000

Pemahaman konsep adalah suatu jenjang dari kemampuan proses, perbuatan atau cara berfikir dimana siswa dituntut untuk memahami yang berarti mengetahui tentang sesuatu hal dan dapat menjelaskan peristiwa yang konkrit, serta dapat melihatnya dari berbagai segi . Sedangkan persepsi siswa merupakan tang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Elly Setiastuti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-01-26T03:59:41Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pemahaman konsep adalah suatu jenjang dari kemampuan proses, perbuatan atau cara berfikir dimana siswa dituntut untuk memahami yang berarti mengetahui tentang sesuatu hal dan dapat menjelaskan peristiwa yang konkrit, serta dapat melihatnya dari berbagai segi . Sedangkan persepsi siswa merupakan tanggapan atau penilaian individu terhadap pengaruh atau fenomena baik yang berasal dari lingkungan internal maupun eksternal yang berpengaruh pada baik buruknya kegiatan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat pemahaman konsep virus dengan persepsi siswa tentang masalah AIDS. Parameter yang akan diteliti yaitu meliputi nilai tes tingkat pemahaman konsep virus dan nilai angket persepsi siswa tentang masalah A£DS . Penelitian dilakukan di SMUN 1 Arjasa Jember mulai bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2000. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak sederhana (simple random sampirng ) dengan jumlah sampel 60 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode tes dan metode kuesioner. Data yang didapat dianlisis dengan korelasi product moment. Dari hasil analisis tersebut diperoleh harga r empiris sebesar 0,61 . Harga koefisien tersebut lebih besar dari harga kritiknya yaitu 0,254 (dengan taraf kepercayaan 95%) dan 0,330 (dengan taraf kepercayaan 99%). Dengan dernikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman konsep virus dengan persepsi siswa tentang masalah AIDS pada kelas 1 SMUN 1 Arjasa Jember tahun pelajaran 1999/2000.
Universitas Jember
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61042