PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA KONSEP CAHAYA ( Studi Hasil Belajar Siswa Kel.as DB Cawu 2 di SLTP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 1999/2000)

Penyarnpaian materi dengan baik dan tepat sangat penting bagi guru untuk memudahan siswa memahami materi yang sedang dipelajari. Penyampaian atau penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan siswa pasif dalam proses belajar mengajar. Untuk itu dikenalkan model pembelajaran kooperauf...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kasiati (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-02-04T03:42:30Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penyarnpaian materi dengan baik dan tepat sangat penting bagi guru untuk memudahan siswa memahami materi yang sedang dipelajari. Penyampaian atau penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan siswa pasif dalam proses belajar mengajar. Untuk itu dikenalkan model pembelajaran kooperauf sebagai salah satu model pembelaJaran yang dapat menciptakan dekatan siswa terhadap materi yang dipelajari. Permasalahan yang akan dibahas adalah 1) seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatlf'?, 2) seberapa besar efektititas penggunaan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fisika konsep cahaya?, 3) bagaimanakah aktivitas siswa dalam pernbelajaran dengan menggunakan model pembelajarn kooperatif. Responden penelitian adalah siswa kelas II B cawu 2 di SL TP Negeri 5 Jember tahun peljaran 1999/2000. Metode pengumpulan data dengan metode tes, observasi dan dokumentasi . Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa efektifitas model pembelajaran kooperatif sebesar 32 %. Aktititas siwa meningkat dari 66,7 % mt:n_1ad1 86, I 0 ·o. Jad1 dapat dlSlmpulkan bahwa model pembelajaran kooperat1f cukup efcktll. dtgunakan dalam pcmbelajaran iisika konsep cahaya pada siswa kclas II B cawu 2 dt SLTP Negeri 5 Jember tahun pelajaran 1999/2000 dan aktifitas siswa mcncapai kategon sangat baik. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif dapat digunakan sebagai salah satu variasi model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran fisika khususnya pada konsep cahaya
Universitas Jember
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61254