EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN YANG MENGGUNAKAN PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BAHAN KAJIAN GELOMBANG 01 MADRASAH . ALIYAH NEGERI I JEMBER KE~S I CAWU 3 TAHUN AJARAN 1919/2000

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar seseorang salah satu diantaranya ialah siswa menerima materi pelajaran dan mendekatkan kegiatan belajar mengajar pada tujuan yang diharapkan. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah: adakah perbedaan hasil belajar fisika antaraa meto...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Shohibul Alim (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-02-05T01:07:42Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03172 am a22001693u 4500
001 repository_unej_123456789_61265
042 |a dc 
100 1 0 |a Shohibul Alim  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN YANG MENGGUNAKAN PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BAHAN KAJIAN GELOMBANG 01 MADRASAH . ALIYAH NEGERI I JEMBER KE~S I CAWU 3 TAHUN AJARAN 1919/2000 
260 |c 2015-02-05T01:07:42Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61265 
520 |a Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar seseorang salah satu diantaranya ialah siswa menerima materi pelajaran dan mendekatkan kegiatan belajar mengajar pada tujuan yang diharapkan. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah: adakah perbedaan hasil belajar fisika antaraa metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang mengglmakan LKS Jalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jmber kelas I cawu1 Talmn Ajaran 1999/2000. Dan jika ada metode mana yang lebih efektif antara metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan : ( 1) Ingin mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara rnetode eksperimen yang menggunakan petunju.k praktikum dcngan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu 1 Talum Ajaran 1999/2000. (2) Ingin mengetahui sejauh mana efekiifitas antara metode eksperimen yang menggtmakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu l Tahun Ajaran 1999/2000. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi , metode dokumentasi dan metode tes. Penarikan sampel yang dilalalkan dengan cluster random sampling, kelas yang dijadikan sampel 2 kelas dari 4 kelas dan untuk menentukan kelas eksperimen I dan kelas eksprimen II diada.kan dengan tehnik undian. Uji statiska yang digunakan ialah uji test untuk mengetahui perbedaan basil belajar fisika Hasil analisis data dengan uji test diperoleh tuntung sebesar 5,12, sedangkan pada taraf signifikansi 5%· dengan db 92 diperoleh harga ttabel 1.971 berarti tuntung > ttabel. Efektifitas dari metode eksperimen yang menggunakan LKS sebesar 27,99% dan termasuk katagori cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan antara metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu 1 Tahun Ajaran 1999/2000. (2) Metode eksperimen yang menggunakan LKS lebih efektif eli banding dengan metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan taraf keefektifitas sebesar 27,99% yang berarti cukup efektif 
520 |a Universitas jember 
690 |a EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN YANG MENGGUNAKAN PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61265 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61265  |z Get Fulltext