STUDI KOMPARATIF HASIL BElAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE CERAMAH OISERTAI MEDIA OHP DAN MEDIA KARTUN FISIKA (Pada pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas II cawu 3 SL TP Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2001/2002)

Metode mengajar merupakan salah satu unsur dalam keberhasilan belajar yaitu suatu cara yang dipakai di dalam proses belajar-mengajar. Penggunaan metode mengajar yang tepat dan sesuai dapat mempengaruhi hasiJ belajar siswa. Untuk itu diperlukan 2 metode dalam penelitian ini yaitu metode demonstrasi d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Eliana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-02-09T03:14:54Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03053 am a22001693u 4500
001 repository_unej_123456789_61307
042 |a dc 
100 1 0 |a Eliana  |e author 
245 0 0 |a STUDI KOMPARATIF HASIL BElAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE CERAMAH OISERTAI MEDIA OHP DAN MEDIA KARTUN FISIKA (Pada pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas II cawu 3 SL TP Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2001/2002) 
260 |c 2015-02-09T03:14:54Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61307 
520 |a Metode mengajar merupakan salah satu unsur dalam keberhasilan belajar yaitu suatu cara yang dipakai di dalam proses belajar-mengajar. Penggunaan metode mengajar yang tepat dan sesuai dapat mempengaruhi hasiJ belajar siswa. Untuk itu diperlukan 2 metode dalam penelitian ini yaitu metode demonstrasi dan metode ceramah yang disertai media OHP dan media kartun fisika. Dari gambaran tersebut maka timbullah rumusan masalah (1) adakah perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi dengan metode ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika ? (2) manakah yang lebih efektif hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi atau metode ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika ?. Tujuan yang ingin diperoleh yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi dengan metode ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika, (2) untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi atau metode ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika. Untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode clusLer random sampling yang terlebih dahulu diuji homogenitasnya, sehingga diperoleh 2 kelas yang sama. Metode pengumpulan data rnenggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Anahsis data yang digunakan adalah ttes dan uji keefektifan yaitu dengan melihat beda mean dalarn kelas eksperimen. Hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,78 yang dikonsultasikan dengan t-tabel untuk taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (db) sebesar 87 yaitu sebesar 1 ,666. Berarti hipotesis nihil yang diajukan ditolak dan hipotesis kerja diterima, maka ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan keefektifan penggunaan metode demonstrasi dan metode ceramah yang disertai media OHP dan media kartun fisika diperoleh sebesar 18,43% dikategorikan baik. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis data bahwa penggunaan metode ceramah yang disertai media OHP dan media kartun fisika Jebih baik dan lebih efektif. 
520 |a Universitas Jember 
690 |a STUDI KOMPARATIF HASIL BElAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE CERAMAH OISERTAI MEDIA OHP DAN MEDIA KARTUN FISI KA 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61307 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61307  |z Get Fulltext