STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI LATIHAN TERPUSAT YANG DIBERI LATIHAN TERSEBAR (pokok bahasan getaran pada kelas ll Semester I SLTP 6 jember tahun pelajaran 2002/2003

Pengajaran bidang studi fisika menuntut latihan-latihan lebih banyak untuk dapat menguasai dan bukan sekedar menghafal rumus-rumus. Untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa, diajukan suatu metode mengajar yaitu metode pemberian Jatihan, dibagi menjadi latihan terpusat dan Jatihan tersebar. Adapu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Evi Yussyahrana Dewi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-02-09T06:20:48Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03097 am a22001693u 4500
001 repository_unej_123456789_61312
042 |a dc 
100 1 0 |a Evi Yussyahrana Dewi  |e author 
245 0 0 |a STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI LATIHAN TERPUSAT YANG DIBERI LATIHAN TERSEBAR (pokok bahasan getaran pada kelas ll Semester I SLTP 6 jember tahun pelajaran 2002/2003 
260 |c 2015-02-09T06:20:48Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61312 
520 |a Pengajaran bidang studi fisika menuntut latihan-latihan lebih banyak untuk dapat menguasai dan bukan sekedar menghafal rumus-rumus. Untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa, diajukan suatu metode mengajar yaitu metode pemberian Jatihan, dibagi menjadi latihan terpusat dan Jatihan tersebar. Adapun permasalahan yang diajukan; a) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang diberi latihan terpusat dan yang diberi latihan tersebar pokok bahasan getaran, b)Seberapa besar efektivitas relatif pembelajaran dengan pemberian latihan terpusat dan latihan tersebar. Tujuan penelitian; a)Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar fisika siswa yang diberi latihan terpusat dan siswa yang diberi latihan tersebar pokok bahasan getaran , b)Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas relatif pembelajaran dengan pemberian latihan terpusat dan latihan tcrsebar. Manfaatnya; a) Sebagai bahan musul-.an bugi guru agar al-.tir dan krcatir dalum bcrlindak scbagai pcnunlun siswa dalam proses belajar mengajar lisika, b) 13agi kepala sekolah, dapat digunakan sebagai acuan untuk mengarahkan pcngajaran disckolahnya agar lebih sistematis dan terencana, c)Sebagai bahan pertimbangan bagi para pcneliti yang berhubungan dengan masalah pcnelitian ini dalam ruang lingkup yang lebih luas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, interviu dan tes. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas yang dijadikan sample 2 kelas dari 5 kelas dan untuk menentukan kelas eksperimen A dan 8 diadakan teknik undian. Analisa data meggunakan rum us t-tes dan diperoleh hasil t~essebesar 2,5 sedangkan twtx:J sebesar 1,9907 maka ttcs>twbel. Untuk uji efektivitas diperoleh 27,5%, sesuai tabel kriteria efektivitas adalah cukup efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang diberi latihan tersebar lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang diberi latihan terpusat. Berdasarkan hasil analisa data dan diskusi dapat disimpulkan; a) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diberi latihan terpusat dan latihan tersebar, b) Nilai efektivitas diperoleh sebesar 27,5%, hal ini berarti pemberian latihan tersebar cukup efektif dibandingkan dengan pemberian latihan terpusat. 
520 |a Universitas Jember 
690 |a STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI LATIHAN TERPUSAT DAN YANG DIBERI LATIHAN TERSEBAR 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61312 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61312  |z Get Fulltext