STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN FISIKA DISERTAI KUIS BERGAMBAR DENGAN PEMBELAJARAN FISIKA DISERTAI KUIS TIDAK BERGAMBAR (Studl Hasll Belajar Pokok Bahasan Listrik Statis Pada Siawa Kelas II Cawu Ill SLTP Negerl 5 Probolinggo Tahun Pelajaran 2001/2002)

Tujuan pembelajaran fisika adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar dapat memecahkan permasalahan yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari walaupun dalam taraf yang sederhana. Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, maka diperlukan suatu metode pembelajara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Siti Musrifah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-02-16T02:41:10Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03125 am a22001693u 4500
001 repository_unej_123456789_61338
042 |a dc 
100 1 0 |a Siti Musrifah  |e author 
245 0 0 |a STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN FISIKA DISERTAI KUIS BERGAMBAR DENGAN PEMBELAJARAN FISIKA DISERTAI KUIS TIDAK BERGAMBAR (Studl Hasll Belajar Pokok Bahasan Listrik Statis Pada Siawa Kelas II Cawu Ill SLTP Negerl 5 Probolinggo Tahun Pelajaran 2001/2002) 
260 |c 2015-02-16T02:41:10Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61338 
520 |a Tujuan pembelajaran fisika adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar dapat memecahkan permasalahan yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari walaupun dalam taraf yang sederhana. Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada siswa SLTP, salah satunya adalah pembelajaran disertai kuis bergambar. Adapun permasalahan yang diajukan; a) adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara pembelajaran disertai kuis bergambar dengan kuis tidak bergambar, b) pernbelajaran manakah yang lebih efektif antara pembelajaran disertai kuis bergambar dengan kuis tidak bergambar. Tujuan penelitian; a) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara pembelajaran disertai kuis bergambar dengan kuis tidak bergambar, b) untuk mengetahui pembelajaran fisika manakah yang lebib efektif antara pembelajaran disertai kuis bergarnbar dengan kuis tidak bergambar. Manfaatnya; a) menambah wawasan keilmuan bagi mahasiswa tentang pembelajaran fisika disertai kuis bergarnbar, b) memberikan masukan bagi tenaga pengajar terutama guru fisika dalam memberikan alternatif pemecahan untuk perbaikan kegiatan belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa meningkat, c) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Data penelitian diperoleh dari tes sebagai data utarna, sedangkan data pendukung yaitu observasi, interviu dan dokumentasi. Untuk menguji homogenitas responden penelitian digunakan analisis varians (ANAVA), diperold1 harga Fh < Ft pada taraf signifikan 5% sebesar 0,22 < 2,66 maka dapat d\katakan keadaan responden telah homogen. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan digunakan uji t-tes, sehingga setelah data tes hasil belajar ditolak maka diperoleh harga thitung > ttabel pada taraf 5%sebesar 6,297 > 1,66. Untuk uji efektifitas diperoleh 25,306%, sesuai dengan tabel kriteria efaktifitas hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran disenai kuis bergambar cukup efektif dibanding dengan pembelajaran disenai kuis tidak bergambar. Berdasarkan hasil analisa data dan diskusi dapat disimpulkan; a) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antar pembelajaran disertai kuis bergambar dengan pembelajaran disertai kuis tidak bergambar, b) pembelajaran disertai kuis bergambar cukup efektif dibanding dengan pembelajaran disertai kuis tidak bergambar. 
520 |a Universitas Jember 
690 |a FISIKA, LISTRIK STATIS 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61338 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61338  |z Get Fulltext