Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat Benda Padat, Cair, dan Gas Melalui Metode DiscoveryPada Siswa Kelas IV SDN Jember Lor 02

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 dengan tujuan untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-B melalui metode discovery. Hal ini dikarenakan di SDN Jember Lor 02 aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, salah satunya diakibatkan karena guru masih menggunakan m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Rani Dwi Hartanti, Rani (Author), Nuriman, Nuriman (Author), Agustiningsih, Agustiningsih (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-05-07T04:11:05Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02164 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_62462
042 |a dc 
100 1 0 |a Rani Dwi Hartanti, Rani  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62462 
700 1 0 |a Nuriman, Nuriman  |e author 
700 1 0 |a Agustiningsih, Agustiningsih  |e author 
245 0 0 |a Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat Benda Padat, Cair, dan Gas Melalui Metode DiscoveryPada Siswa Kelas IV SDN Jember Lor 02 
260 |b UNEJ,   |c 2015-05-07T04:11:05Z. 
520 |a Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 dengan tujuan untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-B melalui metode discovery. Hal ini dikarenakan di SDN Jember Lor 02 aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, salah satunya diakibatkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian terdiri dari 37 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode discovery ini sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas tiga kali pertemuan dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-B SDN Jember Lor 02 mengalami peningkatan. aktivitas pada siklus I sebesar 65,5% serta peningkatan pada siklus II sebanyak 13,25% menjadi 78,75%. Pada siklus I presentase hasil belajar siswa sebesar 70,3% dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 97,3% sehingga dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27%. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discoverydapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas IVB SDN Jember lor 02. 
690 |a metode discovery 
690 |a aktivitas belajar siswa 
690 |a hasil belajar siswa 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62462 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62462  |z Get Fulltext