Kajian Kemampuan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Unej

Penalaran ilmiah memiliki peranan penting dalam penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh calon pendidik khususnya pendidik di bidang fisika. Namun, alat ukur kemampuan penalaran ilmiah yang sudah ada masih umum dan tidak dikhususkan pada bidang fisika. Oleh karena itu tujuan pene...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rayendra Wahyu Bachtiar (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-06-23T03:47:57Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01803 am a22001693u 4500
001 repository_unej_123456789_62685
042 |a dc 
100 1 0 |a Rayendra Wahyu Bachtiar  |e author 
245 0 0 |a Kajian Kemampuan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Unej 
260 |c 2015-06-23T03:47:57Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62685 
520 |a Penalaran ilmiah memiliki peranan penting dalam penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh calon pendidik khususnya pendidik di bidang fisika. Namun, alat ukur kemampuan penalaran ilmiah yang sudah ada masih umum dan tidak dikhususkan pada bidang fisika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pengukuran kemampuan penalaran ilmiah fisika. Metode penelitian pengembangan ini merujuk pada metode R&D Borg and Gall dan Sugiyono yang disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) Desain produk, (3) Validasi produk, (4) uji coba produk, dan (5) revisi produk akhir. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif digunakan sebagai data kelayakan instrumen dan data kualitatif digunakan sebagai acuan revisi produk. Hasil analisis data terhadap validasi dan uji coba produk dapat disimpulkan bahwa produk instrumen layak digunakan sebagai pengukuran kemampuan penalaran ilmiah fisika dan kemampuan penalaran ilmiah fisika dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu Hypothetical Deductive dan Empirical Inductive. 
520 |a Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 
690 |a Empirical inductive, hypothetical deductive, penalaran ilmiah 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62685 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62685  |z Get Fulltext