Peningkatan Kemampuan Menyusun Kata menjadi Kalimat Tanya dengan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas III SDN Wirowongso 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013

Tujuan umum dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengatasi permasalahan dan meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Indonesia aspek menulis kalimat tanya pada siswa kelas III SDN Wirowongso Jember. Tujuan khusus dari pembelajaran ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu kata...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Galita Dewi Rizkya, Galita (Author), Hari Satrijono, Hari (Author), Suhartiningsih, Suhartiningsih (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-06-24T01:48:42Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02278 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_62695
042 |a dc 
100 1 0 |a Galita Dewi Rizkya, Galita  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62695 
700 1 0 |a Hari Satrijono, Hari  |e author 
700 1 0 |a Suhartiningsih, Suhartiningsih  |e author 
245 0 0 |a Peningkatan Kemampuan Menyusun Kata menjadi Kalimat Tanya dengan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas III SDN Wirowongso 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013 
260 |b UNEJ,   |c 2015-06-24T01:48:42Z. 
520 |a Tujuan umum dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengatasi permasalahan dan meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Indonesia aspek menulis kalimat tanya pada siswa kelas III SDN Wirowongso Jember. Tujuan khusus dari pembelajaran ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan menyusun kata menjadi kalimat tanya pada siswa kelas III SDN Wirowongso 1 Jember tahun pelajaran 2012/2013, dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyusun kata menjadi kalimat tanya setelah menggunakan media kartu kata pada siswa kelas III SDN Wirowongso 1 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Setelah tindakan dilakukan dengan media kartu kata dalam menyusun kata menjadi kalimat tanya, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 27 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 67,5%. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 34 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 85%. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan nilai pada tahap parasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami kenaikan. Sebaliknya, jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami penurunan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa menerapkan pembelajaran menyusun kata menjadi kalimat tanya dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek menulis kalimat tanya. 
690 |a menulis, 
690 |a kalimat tanya 
690 |a media kartu kata 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62695 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62695  |z Get Fulltext