Pengaruh Contextual Teaching and Learning melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pre-test...
Saved in:
Main Authors: | , , |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
UNEJ,
2015-08-04T03:43:36Z.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pre-test post-test control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA yang diukur dengan tes objektif pihan ganda sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t tes. Dari hasil t tes diperoleh t 0 = 2.667 lebih besar dari t t = 1.684 pada taraf signifikansi 5 % maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN kesilir 01 Wuluhan Jember. |
---|---|
Item Description: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63005 |