Pengaruh Kemampuan Penalaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2012/2013

Penelitian tentang pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar akuntansi dilandasi oleh pemikiran bahwa kemampuan penalaran memiliki peranan yang sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Fatimah, Fatimah (Author), Bambang Suyadi, Bambang (Author), Dra. Retna Ngesti Sedyati, Retna M.P (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-08-04T03:44:49Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian tentang pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar akuntansi dilandasi oleh pemikiran bahwa kemampuan penalaran memiliki peranan yang sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode random sampling pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi. Data diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi untuk meraih data tentang jumlah siswa kelas X Program Keahlian akuntansi, nama siswa, nilai tes penalaran siswa, dan nilai ulangan siswa pada mata pelajaran akuntansi; observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran untuk mendapatkan data tambahan tentang kemampuan penalaran siswa sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kesimpulan penelitian; serta wawancara yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran mata pelajaran akuntansi dan kemampuan penalaran siswa kelas X Program Keahlian akuntansi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Dibuktikan dengan hasil olah data menggunakan uji F menghasilkan Fhitung (173,287) dengan tingkat signifikansi 0.000 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 76,2% yang berarti bahwa variabel kemampuan penalaran memberikan proporsi sumbangan sebesar 76,2% terhadap hasil belajar akuntansi.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63010