PENGARUH METODE DRILL DAN KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode drilldan kelengkapan sumber belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2012/2013. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode angket untuk mengetahui bagaimana implementasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Risnawati (Author), Umar HMS, Umar HMS (Author), Hety Mustika Ani, Hety (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-08-04T03:47:48Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode drilldan kelengkapan sumber belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2012/2013. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode angket untuk mengetahui bagaimana implementasi metode drill dalam proses pembelajaran akuntansi serta kelengkapan sumber belajar yang digunakan siswa dalam memperoleh informasi mengenai materi akuntansi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil f hitung = 84,937 dan f tabel = 3,095, dimana f hitung > f tabel dengan taraf signifikansi 0,000 sehingga metode drill dan kelengkapan sumber belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar akuntansi. Hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung = 2.389 dan t tabel = 1,1986 untuk metode drill, sedangkan kelengkapan sumber belajar diperoleh t hitung = 5,366 dan t tabel = 1,1986. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa t hitung metode drilldan t hitung kelengkapan sumber belajar lebih besar dari t tabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial memiliki pengaruh terhadap hasil celajar akuntansi. Hasil analisis data diperoleh R square = 0,649 berarti bahwa metode drilldan kelengkapan sumber belajar mempunyai pengaruh 64,9% terhadap hasil belajar akuntansi, selebihnya sebesar 35,1% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial kelengkapan sumber belajar memiliki proporsi sumbangan pengaruh terbesar yaitu 45,94% sedangkan metode drillyaitu 18,94%.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63018