Kesalahan Penggunaan Kata dan Tanda Baca

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 01 Jember dengan tujuan mendeskripsikan kesalahan penggunaan kata dan tanda baca oleh siswa kelas III dalam menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah kemampuan siswa dala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ainun Firliana, Ainun (Author), Hari Satrijono, Hari (Author), Khutobah, Khutobah (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-08-19T03:39:45Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 01 Jember dengan tujuan mendeskripsikan kesalahan penggunaan kata dan tanda baca oleh siswa kelas III dalam menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam aspek penggunaan kata dan tanda baca yang tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga sebagian besar siswa masih melakukan kesalahan untuk mengungkapkan suatu gagasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 36 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan penggunaan kata meliputi aspek ketepatan, kesesuaian, dan keserasian kata. Sedangkan kesalahan penggunaan tanda baca meliputi tanda titik dan tanda koma. Penyebab kesalahan penggunaan kata dan tanda baca pada karangan sederhana siswa antara lain pengaruh bahasa ibu terhadap bahasa kedua, lingkungan tepat tinggal siswa, kompetensi bahasa Indonesia siswa yang rendah, sikap siswa yang kurang peduli akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan rendahnya minat baca siswa. Selain itu, penyebab kesalahan penggunaan kata dan tanda baca juga dipengaruhi oleh faktor guru, antara lain guru masih menggunakan metode pembelajaran tradisional/konseptual dan jarang menggunakan media pembelajaran.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63044