Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A semester 2 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran PKn tema rekreasi Tahun Pelajaran 2013/2014. Permas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Arief Prasetio Windarto, Arief (Author), Imam Muchtar, Imam (Author), Chumi Zahroul Fitriyah, Chumi (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-08-20T02:36:35Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A semester 2 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran PKn tema rekreasi Tahun Pelajaran 2013/2014. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran yang selama ini digunakan guru kurang inovatif sehingga menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A pada mata pelajaran PKn belum mencapai standar proses pembelajaran yang baik sesuai pada standar pencapaian dalam KTSP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 42 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A SDN Sumbersari 01 Jember. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 41,67 dengan kategori cukup aktif, pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 69,94 dengan kategori aktif, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa sebesar 81,25 dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 39,58. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 69,76 dengan kategori cukup baik, pada siklus I sebesar 84,95 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus II sebesar 85,58 dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 15,83.Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A semester 2 pada mata pelajaran PKn tema rekreasi di SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63071