PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERYTERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JELBUK

Penelitian ini berfokus pada implementasi model guided discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengkaji pengaruh model guided discovery terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Jelbuk,(2) mengkaji pengaruh model guided discovery terhadap hasil belajar IPA-fisika...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Laily Rachmia S, Laily (Author), Indrawati, Indrawati (Author), Sri Wahyuni, Sri (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-08-21T06:50:48Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02196 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_63105
042 |a dc 
100 1 0 |a Laily Rachmia S, Laily  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63105 
700 1 0 |a Indrawati, Indrawati  |e author 
700 1 0 |a Sri Wahyuni, Sri  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERYTERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JELBUK 
260 |b UNEJ,   |c 2015-08-21T06:50:48Z. 
520 |a Penelitian ini berfokus pada implementasi model guided discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengkaji pengaruh model guided discovery terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Jelbuk,(2) mengkaji pengaruh model guided discovery terhadap hasil belajar IPA-fisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan post-test only control group design. Teknik mengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan t-test. Hipotesis dari penelitian ini, yaitu: 1) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 dan, 2) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAfisika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelbuk . Pada penelitian ini diperoleh, 1)nilai p(signifikansi)keterampilan proses sains adalah 0,0020,05 artinya Haditerima; 2)nilai p(signifikansi) hasil belajar IPA-fisika siswa adalah 0,001 0,05 artinya Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SM P Negeri 1 Jelbuk, dan (2) model guided discovery berpengaruh signifikan terhadap hasil belajarIPA-fisika siswa kelas VII SMPNegeri 1 Jelbuk. 
690 |a model pembelajaran guided discovery 
690 |a keterampilan proses sains 
690 |a hasil belajar IPA-fisika 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63105 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63105  |z Get Fulltext