KONTRIBUSI METODE MENGAJAR TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL

Metode mengajar merupakan strategi pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: adanya kontribusi metode mengajar tutor terhadap motivasi belajar warga belajar Keeaksaraan Fungsional Rasa Mala 14 di Desa Kertosari Kecamatan Pakus...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Dyan Anjar Dwi, Dwi (Author), AT.Hendra Wijaya, Wijaya (Author), Niswatul Imsiyah, Imsiyah (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-08-25T02:05:41Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01947 am a22001933u 4500
001 repository_unej_123456789_63169
042 |a dc 
100 1 0 |a Dyan Anjar Dwi, Dwi  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63169 
700 1 0 |a AT.Hendra Wijaya, Wijaya,  |e author 
700 1 0 |a Niswatul Imsiyah, Imsiyah  |e author 
245 0 0 |a KONTRIBUSI METODE MENGAJAR TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL 
260 |b UNEJ,   |c 2015-08-25T02:05:41Z. 
520 |a Metode mengajar merupakan strategi pengajaran sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: adanya kontribusi metode mengajar tutor terhadap motivasi belajar warga belajar Keeaksaraan Fungsional Rasa Mala 14 di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan berjenis korelasional. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, dokumentasi dan observasi, analisis data yaitu dengan tata jenjang. Hasil dari penelitian bahwa metode mengajar yang diterapkan tergolong jenis metode ceramah, ternyata mempunyai kontribusi yang besar serta mempengaruhi bagi motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik warga belajar. Begitu halnya jika tutor memberikan metode mengajar demonstrasi terhadap warga belajar. Motivasi belajar pada warga belajar yaitu motivasi instrinsik meliputi kesadaran diri pada warga belajar yang terlihat pada saat warga belajar memperlihatkan kemampuannya dalam hal meningkatkan serta mengembangkan pengetahuannya huruf, angka, dan sebagainya; motivasi ekstrinsik yang meliputi memberikan nasihat serta semangat pada warga belajar saat proses belajar mengajar dengan memberikan hadiah atau pujian. 
690 |a Metode Mengajar Tutor 
690 |a Motivasi Belajar Warga Belajar 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63169 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63169  |z Get Fulltext