Penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi Kelas V di SDN Kembiritan 05 Banyuwangi Tahun Ajaran 2013/2014

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kembiritan 05 Banyuwangi dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi. Permasala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Galuh Windari Putri, Putri (Author), Sihono (Author), Imam Muchtar, Muchtar (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2015-08-31T04:13:46Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kembiritan 05 Banyuwangi dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, aktivitas belajar siswa cenderung pasif karena hanya duduk, mendengar, dan mengerjakan soal, dan hasil belajar siswa kelas V masih tergolong dalam kategori cukup, perlu ditingkatkan menjadi skor hasil belajar yang tergolong sangat baik. Dari latar belakang tersebut rumusan maslah yang diteliti adalah bagaimana model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 21 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) selama dua siklus. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai hasil yang cukup baik dengan skor aktivitas belajar siswa kategori sedang mencapai 14,29%, kategori aktif mencapai 85,71%, kategori sangat aktif 0%. Aktivitas belajar siswa siklus II kategori sedang 0%, kategori aktif mencapai 47,62%, dan kategori sangat aktif mencapai 52,38%. Aktivitas belajar siswa kategori sangat aktif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 52,38%. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I kategori kurang baik mencapai 9,52%, kategori cukup baik mencapai 38,10%, kategori baik mencapai 19,05%, kategori sangat baik mencapai 33,33%. Hasil belajar siswa siklus II kategori kurang baik mencapai 4,76%, kategori cukup baik mencapai 4,76%, kategori baik mencapai 38,04%, kategori sangat baik mencapai 52,39%. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II pada ketegori sangat baik mengalami peningkatan sebesar 19,06%.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63264